Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Suara Burung Perkutut Serak

Cara Mengatasi Suara Burung Perkutut Serak - Memelihara burung perkutut tentu harus mengerti bagaimana cara merawat burung perkutut yang baik dan benar. Bagaimana cara menjaga kesehatan perkutut juga harus memahami. Karena jika perkutut tidak sehat, tidak fit, maka performa juga tidak bisa maksimal. Perkutut menjadi jarang bunyi, jarang manggung dan lain sebagainya.


Cara Mengatasi Suara Burung Perkutut Serak
Cara Mengatasi Suara Burung Perkutut Serak

Anda juga harus memahami penyakit-penyakit umum yang sering menjangkiti burung perkutut. Salah satu yang sering menjadi masalah saat memelihara perkutut adalah suara perkutut itu sendiri. Sering kita menemui perkutut yang manggung namun suaranya serak. Penyebab suara perkutut serak ini ada banyak sekali sebenarnya.

Jika burung perkutut Anda mengalami serak, ada baiknya Anda membaca cara mengatasi suara burung perkutut serak di bawah ini.

Cara Mengatasi Suara Perkutut Serak

1. Menggunakan Daun Saga

Cara alami ini sangat banak digunakan oleh para kung mania. Yup, manfaat daun saga untuk burung perkutut memang sudah banyak diakui. Jadi jika perkutut Anda serak suaranya, maka Anda bisa menggunakan daun saga untuk enyembuhkannya. Caranya cukup sederhana, gulung2 daun saga sebesar kacang hijau sebanyak 3 bulatan. Setelah itu kasihkan ke burung perkutut satu per satu. Lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu lalu perhatikan perubahannya.

2. Menggunakan Larutan Cap Kaki 3

Larutan cap kaki 3 ini ternyata bisa juga untuk mengatasi perkutut suara serak. Ada beberapa ahli perkutut menyarankan perkutut diberi minuman ini untuk mengatasi suara seraknya. Larutan cap badak juga bisa jika larutan cap kaki 3 tidak ada. Cara nya juga sangat mudah, tinggal ganti air minum biasanya dengan larutan cap kaki 3, perhatikan perubahannya. Jika sudah sembuh, hentikan pemberian.

3. Menggunakan Kencur dan Madu

Sudah banyak memang yang memanfaatkan kencur untuk jamu perkutut sehat gacor. Nah, campuran kencur dan madu ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi suara perkutut serak. Caranya adalah parut kencur kemudian peras ambil air nya lalu campur dengan madu. Jangan banyak-banyak ya perasannya, cukup beberapa tetes saja. Nah, air campuran itu dicampurkan ke pakannya. Cara ini banyak yang mengakan cukup ampuh untuk mengatasi sura serak burung perkutut.

4. Menggunakan Gabah Bangkok

Gabah bangkok adalah gabah yang biasanya memiliki bentuk agak bulat. Nah, ganti makanan burung perkutut Anda dengan gabah bangkok ini. Gabah bangkok ini konon katanya bisa mengeluarkan lendir burung perkutut yang biasanya menyebabkan perkutut Anda serak. Jika burung perkutut tidak mau makan gabah bangkok, caranya adalah campur milet dengan gabah bangkok sedikit, jika sudah mau bisa diganti semuanya.

5. Terapi Gurah Perkutut

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan terapi gurah perkutut. Sebenarnya untuk jamu perkutut yang di dalamnya udah ada ramuan gurah juga sudah banyak beredar. Namun jika Anda kurang puas, Anda bisa menggurah perkutut Anda sendiri. Ada banyak sekali manfaat gurah untuk burung perkutut. Salah satu nya tentu saja untuk mnghilangkan suara serak perkutut. Namun gurah perkutut ini disarankan untuk yang sudah ahli saja, karena resiko nya cukup besar jika asal-asalan, bisa jadi justru membuat perkutut stres. Untuk gurah perkutut, yang bisa digunakan biasanya adalah daun kitolod. Bagaimana cara gurah perkutut dengan daun kitolod, baca di Cara Gurah Perkutut Dengan Daun Kitolod.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Suara Burung Perkutut Serak"