Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat dan Memelihara Perkutut Lokal Katuranggan

Cara Merawat dan Memelihara Perkutut Lokal Katuranggan - Merawat burung anggungan tidak sama dengan merawat burng kicauan. Salah satu burung anggungan yang banyak diminati adalah perkutut. Nah, perkutut ini ada dua jenis, satu jenis bangkok dan satunya jenis perkutut lokal. Perkutut bangkok adalah perkutut yang diyakini berasal dari Thailand, sedangkan perkutut lokal adalah perkutut dari hutan alam di Indonesia.


Cara Merawat dan Memelihara Perkutut Lokal Katuranggan
Cara Merawat dan Memelihara Perkutut Lokal Katuranggan


Dari ke dua jenis perkutut ini, masing-masing memiliki cara memelihara yang sedikit berbeda. Cara memelihara perkutut bangkok tidak sama dengan cara memelihara perkutut lokal. Kenapa demikian, karena orang yang memelihara perkutut bangkok sering kali memiliki tujuan yang berbeda dengan orang yang memelihara perkutut lokal katuranggan, maka perlakuan pemeliharaan pun juga sedikit berbeda.

Pada umumnya, pemelihara perkutut bangkok memelihara perkutut untuk dinikmati suara alias anggungannya saja. Berbeda dengan perkutut lokal, pemelihara biasanya tidak cukup menikmati anggungannya saja, namun mereka juga kerap menikmati katuranggan beserta yoni atau pamornya.

Baik, kita kembali kepada bagaimana cara merawat perkutut lokal katuranggan yang baik dan benar. Sebenarnya secara umum hampir sama dengan cara memelihara perkutut bangkok. Mulai dari menjaga kebersihan kandang, memberikan jamu atau vitamin dan lainnya, selengkapnya baca Cara Merawat Perkutut yang Baik dan Benar. Untuk Cara Merawat dan Memelihara Perkutut Lokal Katuranggan simak di bawah ini.

Cara Merawat dan Memelihara Perkutut Lokal Katuranggan

1. Perhatikan Asal Perkutut Lokal Anda

Ini penting untuk Anda perhatikan. Karena asal dari mana perkutut lokal itu nantinya akan berpengaruh kepad bagaimana Anda memperlakukannya saat merawat. Biasanya perkutut lokal itu didapat dari membeli di ombyokan atau penjual di pasar atau dimanapun. Kemudian berasal dari tangkapan langsung dari alam, ada juga yang berasal dari membeli dari penghobi perkutut lainnya.

Nah, dari ke tiga asal ini biasanya perkutut memiliki karakter dan sifat berbeda, maka Anda harus hati-hati. Umumnya perkutut dari ombyokan ini agak gesit dan sulit dijinakkan. Maka perlu sedikit kesabaran untuk menjinakkannya. Perkutut dari alam yang bear-benar liar lebih gesit dari ombyokan, perkutut ini perlu ekstra dalam menjinakkannya. Untuk perkutut dari penghobi perkutut biasanya lebih jinak dan lebih cepat adaptasi di tempat yang baru.

Baca juga : Ciri-Ciri Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah dan Pamornya

2. Ketahui Dulu Katuranggan Perkutut Anda

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara perkutut lokal katuranggan, maka Anda sangat perlu memperhatikan katuranggan nya. Karena perlu Anda ketahui bahwa katuranggan perkutut itu ada sangat banyak sekali. Maka tidak bisa tidak, untuk bisa merawat perkutut lokal katuranggan Anda perlu mengetahui terlebih dahulu katuranggan dari perkutut yang Anda miliki.

Maka dari itu, sangat disarankan jika ingin memelihara perkutut lokal katuranggan Anda harus mengetahui katuranggannya. Kalau Anda mash pemula dan belum mengetahui jenis-jenis dan ciri - ciri katuranggan perkutut, silahkan baca selengkapnya di sini.

3. Pelajari Karakter Katuranggan Perkutut Anda

Setelah mengetahui jenis katuranggan perkutut Anda, maka selanjutnya Anda harus mengerti dan mengetahui karakter perkutut katuranggan Anda. Karena masing-masing katuranggan ini memiliki karakter yang berbeda. Dikhawatirkan jika salah memahami karakter dari katuranggan Anda akan terjadi kesalahan dalam memeliharanya.

Karena ada beberapa katuranggan yang memiliki karakter tidak sama, seperti misalnya katuranggan tertentu yang suka tidur di tempat pakan, tidur di bawah dan beberapa sifat yang lainnya. Maka dari itu Anda perlu memahami dengan seksama katuranggan perkutut Anda agar tidak terjadi kesalahan.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat dan Memelihara Perkutut Lokal Katuranggan"