Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah dan Pamornya

Ciri-Ciri Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah dan Pamornya - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali jenis katuranggan dalam dunia perkutut. Dan masing-masing katuranggan tersebut diyakini memiliki yoni dan pamor yang berbeda-beda. Pamor Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah misalnya tentunya tidak sama dengan pamor Ciri - Ciri Perkutut Katuranggan Sabda Jati dan Pamornya atau yang lainnya.


Nah, kali ini kami akan mencoba mengulas kelebihan atau pamor atau juga yoni dari Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah. Sebelum lebih dalam mengenai pamor Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah, akan kami ulas terlebih dahulu ciri-ciri Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah dan sedikit sejarah tentang perkutut ini.

Klangenan Prabu Brawijaya dan Sri Kresna

Perkutut putih ini termasuk jenis katuranggan yang istimewa diantara katuranggan perkutut yang lain. Dari ulesnya yang begitu unik yang jarang dijumpai, perkutut putih kapas mata merah bisa dkaakan sebagai mustikaning burung perkutut.

Pada jaman dulu, jenis Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah ini hanya dipelihara kalangan ningrat saja. Bahkan menurut kisahnya, jenis Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah ini adalh klangenan atau kesukaan Prabu Brawijaya. Bukan saja menjadi klangenan Prabu Brawjaya, Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah ini juga menjadi kesukaan Sri Batara Kresna di dunia pewayangan. Bahkan saking sukanya,  bendera kerajaan Dwarawati menggunakan burung perkutut ini sebagai simbolnya.

Ciri - Ciri Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah

- Seluruh bulu badan berwarna putih cerah ada lurik tapi sangat tipis (hampir tidak terlihat)

- Mata berwarna merah bercahaya menyala seperti merah delima

- Kaki berwarna agak kemerahan

- Bulu ekor berwarna putih bersih tanpa ada coklat


Pamor Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah

Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah ini memiliki banyk pamor. Jenis Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah diyakini bisa mengangkat derajat pangkat pemiliknya. Bahkan juga bisa mengangkat perekonomian pemiliknya. Selain itu, perkutut ini diyakini juga bisa menjauhkan pemliknya dari gangguan binatang buas. Pamor Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah disebut juga bisa menolak atau menghindarkan santet.

Yang perlu diketahui lagi bahwasannya yoni Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah atau pamor ini hanya berlaku untuk perkutut lokal saja. Terutama burung perkutut dari alam atau bukan penangkaran. Meski kadang yang ditangkar juga masih memiliki yoni atau pamor, namun itu jarang sekali. Untuk pamor atau yoni juga tergantung keyakinan masing-masing, ada yang masih percaya namun ada juga yang sudah meninggalkan keyakinan tersebut. Terpenting adalah kita percaya dan yakin bahwa semuanya adalah titah dari Yang Maha Kuasa.

Untuk jenis Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah termasuk burung perkutut yang pemilih. Perkutut ini akan memilih sendiri siapa yang cocok untuk memeliharanya. Biasanya, calon pemelihara akan mendapatkan mimpi atau wisik terlebih dahulu.

Nah kawan, itulah sedikit informasi mengenai pamor Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah yang bisa kami sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam ulasan di atas. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar untuk saling melengkapi, karena admin masih pemula dan masih belajar.

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Perkutut Katuranggan Putih Kapas Mata Merah dan Pamornya"