Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Suara Burung Perkutut Serak

Penyebab Suara Burung Perkutut Serak - Suara burung perkutut serak memang menjadi masalh yang kerap datang bagi kung mania. Jika perkutut Anda juga mengalaminya saat ini, maka itu perlu perhatian yang ekstra. Karena ada banyak hal yang bisa menyebabkan burung perkutut menjadi serak. Dan jika itu tidak segera Anda tangani, maka dikhawatirkan akan semakin melebar masalahnya.


Penyebab Suara Burung Perkutut Serak
Penyebab Suara Burung Perkutut Serak


Nah, berbicara mengenai suara perkutut yang serak, maka hal ini bisa disebabkan oleh beragam masalah. Pada umumya, serak ini dikarenakan adanya lendir pada hidung atau tenggorokan perkutut. Nah, lendir itu muncul dikarenakan banyak hal. Di bawah ini kami sampaikan beberapa penyebab suara burung perkutut serak yang sering dialami oleh para kung mania.

Penyebab Suara Burung Perkutut Serak

1. Makanan Kurang Bersih

Ini yang paling sering terjadi. Kebersihan makanan yang tidak terjaga ini sering kali menjadi penyebab suara perkutut serak karena banyaknya lendir yang menumpuk. Bahkan ada beberapa kasus makanan burung perkutut sampai berjamur. Ini sangat bahaya dan perlu diwaspadai. Ketika perkutut makan makanan ang sudah berjamur, maka tentu tenggorokan akan terpengaruh. Dan jika itu terjadi dalam waktu yang lama, maka itu akan sangat berbahaya.

2. Kualitas Pakan Yang Buruk

Anda juga harus jeli dalam memilih kualitas pakan. Jangan asal membeli pakan burung perkutut, apa lagi jika harga nya jauh lebih murah dari pasaran. Anda perlu waspada, pakan racikan per orangan misalnya, Anda harus benar-benar teliti. Minimal sudah berhubungan atau kenal baik dengan orang yang meracik pakan tersebut. Artinya memang pakan racikannya bisa dipertanggungjawabkan dan tidak membahayakan burung perkutut Anda.

3. Burung Terlalu Lelah

Jika burung perkutut Anda adalah perkutut yang sering lomba, maka Anda harus pandai mengatur waktu. Jangan setiap hari selalu diikutkan lomba, ini sangat berbahaya. Rawatlah perkutut Anda seperti Anda merawat anak Anda sendiri. Berikan waktu istirahat yang cukup, waktu untuk perawatan yang baik agar kesehatannya selalu terjaga dan tetap prima.

4. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca yang ekstrim memang menjadi problem yang berat. Apalagi bagi para pemula, agak sulit bisa menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan perkutut. Cuaca panas, tiba-tiba hujan, maka perkutut juga perlu tritmen khusus. Yang paling berbahaya biasanya adalah cuaca dingin yang teramat sangat. Untuk sedikit mengurangi hawa dingin yang menyerang perkutut, Anda bisa menutup sangkar dengan kain. Atau Anda juga bisa memberikan vitamin perkutut atau jamu perkutut untuk menjaga tubuhnya agar tetap hangat.

5. Kandang Terlalu Lembab

Selain pakan, Anda juga harus memperhatikan kandang perkutut Anda. Jangan sampai perkutut Anda kedinginan karena kandag terlalu lembab. Karena ini juga bisa menyebabkan perkutut menjadi pilek dan berlendir. Satu solusi untuk mengurangi kelembaban adalah dengan sering dijemur dan digantang.  Karena ada banyak sekali manfaat menggantang perkutut sehari-hari yang akan diperloleh. Jika kandang tidak memungkinkan dijemur, Anda bisa memberi lampu di kandang Anda agar tidak terlalu lembab, ini biasanya untuk peternak perkutut.

Itulah beberapa penyebab burung perkutut suaranya menjadi serak. Jika suara perkutut serak karena adanya penyakit, maka kemungkinan besar masih bisa dikembalikan kejernihan suaranya. Untuk menghilangkan suara perkutut yang serak, bisa Anda baca pada Cara Mengatasi Suara Perkutut Serak. Namun jika suara serak perkutut memang dari sono nya, maka ini tidak bisa disembuhkan karena memang kemungkinan struktur organ dalam nya memang membuat suara serak. Wallohu A'lam

Posting Komentar untuk "Penyebab Suara Burung Perkutut Serak"