Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Gurah Perkutut Dengan Daun Kitolod

Cara Gurah Perkutut Dengan Daun Kitolod - Perkutut termasuk salah satu burung yang memiliki banyak penggemar. Banyak orang menyukai perkutut baik dari suara atau anggungannya maupun dari katuranggan nya. Perlu diketahui bahwa katuranggan perkutut ada banyak sekali. Dan masing-masing katuranggan tersebut memiliki ciri dan pamor tersendiri.


Cara Gurah Perkutut Dengan Daun Kitolod
Cara Gurah Perkutut Dengan Daun Kitolod


Sedangkan untuk suara, perkutut disukai dari anggungannya. Anggungan perkutut sangat disukai karena kejernihan dan kindahannya. Namun untuk mendapatkan suara indah dari perkutut memerlukan waktu dan proses. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjernihkan suara perkutut adalah dengan melakukan gurah pada perkutut.

Cara gurah perkutut ini bisa dilakukan dengan tanaman kitolod. Tanaman kitolod ini sering disebut Jarum Dewa atau tanaman patekan. Tanaman yang termasuk famili Campanuaceae ini berasal dari Hindia Barat. Daun kitolod memiliki senyawa seperti politerol, alkaloid, flavonoid, dan samponi.

Cara gurah perkutut dengan tanaman kitolod sangat mudah sekali. Caranya tinggal ambil bunga tanaman kitlod lalu masukkan bunga pada air di wadah. Setelah dimasukkan ke dalam air, remas dan tekan-tekan bunga tersebut. Setelah ditekan-tekan bunganya, ambil air dan teteskan pada mata dan hidung. Jika memang diperlukan, teteskan juga pada mulut. Setelah selesai dilakukan gurah pengobatan tetes, perkutut tetap dipegang lalu tunggu beberapa saat sekira 5 menit kemudian baru dilepaskan. Biasanya setelah dilepaskan beberapa saat burung perkutut akan memuntahkan lendir kental dari mulut dan hidung.

Yang perlu diperhatikan lagi setelah proses gurah perkutut adalah, pegang dan bersihkan di sekitar mata, hidung dan mulut tujuannya adalah agar lendir yang sudah keluar tidak masuk lagi. Untuk waktu melakukan gurah, waktu nya biasanya disesuaikan saja, jika burung perkutut terdengar serak maka bisa segera dilakukan gurah. Jika untuk keperluan menjaga kesehatan burung perkutut, gurah perkutut bisa dilakukan 3-4 bulan saja jangan terlalu sering.

Oh iya, biasanya setelah dilakukan gurah pada perkutut, perkutut biasanya tidak akan berbunyi atau manggung. Burung perkutut akan mulai manggung lagi setelah 2-3 hari.

Saran dan tips :

1. Gurah Perkutut Dilakukan Berkala

Yang paling bagus gurah perkutut dilakukan secara berkala. Pada umumnya, banyak pehobi burung perkutut ini melakukan gurah per 2× dalam setahun.

Setelah burung perkutut digurah, berikan irisan kencur sebesar kacang ijo seminggu sekali sampai sembuh jika perkutut serak.

Atau bisa juga per 3 hari sekali diberikan daun saga satu lembar. Cara memberikannya adalah dengan di bulat bulat dahulu daun saganya sampai hampir hancur/halus di gulung2 (dengan jari telunjuk dan jempol) celupkan ke air terlebih dahulu daunnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Manfaat Daun Saga Untuk Perkutut.

Nah kung mania semuanya, itulah beberapa Cara Gurah Perkutut Dengan Daun Kitolod yang bisa kami bagikan untuk Anda semuanya. Jika mungkin ada yang kurang, bisa ditambahi ya kung mania melalui kolom komentar. Kita belajar bersama-sama untuk mencintai peliaraan perkutut kita, hehe.

Posting Komentar untuk "Cara Gurah Perkutut Dengan Daun Kitolod"