Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Birahi Burung Perkutut

Cara Meningkatkan Birahi Burung Perkutut - Bagi kung mania yang cara merawat perkutut untuk kebutuhan ternak, ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu yang penting adalah birahi perkutut. Birahi perkutut sangat diperlukan untuk meningkatkan produksi ternak perkutut itu sendiri.

Cara Meningkatkan Birahi Burung Perkutut
Cara Meningkatkan Birahi Burung Perkutut

Nah, birahi perkutut ini kadang menjadi soal, karena ada banyak peternak perkutut yang menghadapi masalah dengan cara meningkatkan birahi perkutut. Banyak burung perkutut yang sulit birahi dan bahkan sama sekali tidak birahi, dan ini sangat buruk bagi peternak burung perkutut.

Untuk itu, di bawah ini akan kami sampaikan bagaimana tips dan cara meningkatkan birahi burung perkutut Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, simak di bawah ini :

1. Memberikan Daun Saga

Pemberian daun saga ini diberikan pada minggu pertama. Ada banyak sekali manfaat dari daun saga untuk burung perkutut. Bagaimana cara menggunakan daun saga untuk perkutut, baca selengkapnya pada Manfaat Daun Saga Untuk Perkutut.

2. Pemberian Terasi atau Daun Katup

Pada minggu ke dua, bisa digunakan terasi atau juga dengan daun katup. Terasi memiliki kandungan protein yang cukup besar sehingga sangat bagus untuk burng perkutut. Pemberiannya sama seperti daun saga, dibuatkan bulatan sebesar kacang hijau sebanyak 3-4 butir.

Baca juga : Cara Menjernihkan Suara Perkutut

3. Pemberian Kencur

Minggu ke tiga adalah pemberian kencur. Cara pemberian kencur adalah dengan dipotong kecil-kecil sebesar kacang hijau. setelah itu langsung diberikan dengan cara dilolohkan langsung saja.

4. Pemberian Undur Undur atau Bongkang

Bongkang atau undur undur ini sangat bagus untuk burung perkutut. Dibanding dengan beragam jamu yang ada di toko, undur undur dipercaya lebih memiliki khasiat yang nyata. Pemberian undur undur yang paling bagus adalah dilakukan sore hari dan jangan banyak-banyak cukup tiga ekor saja sekali pemberian. Untuk pemerian bongkang, jangan langsung diberikan tapi dicithes terlebih dahulu. Setelah undur undur dimasukkan mulut perkutut, tahan dulu sampai benar-benar tertelan.

Ada sedikit perbedaan untuk perkutut putih. Pada umumnya perkutut putih ini agak lama potensi birahinya. Untuk tritmen seperti di atas, bisa dilakukan sebulan sekali. Atau biasanya baiknya dilakukan sebulan setelah itu berhenti terlebih dahulu selama sebulan atau dua bulan setelah itu bisa ditritmen lagi.

Itu adalah beberapa cara meningkatkan birahi burung perkutut yang bisa dilakukan. Semoga bisa membantu Anda dalam proses meningkatkan birahi burung perkutut. Jika mungkin Anda memiliki pengalaman sendiri atau punya tips lain, bisa berbagi dan berdikusi di kolom komentar yang ada di bawah.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Birahi Burung Perkutut"