Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjemur Burung Perkutut Yang Baik dan Benar

Cara Menjemur Burung Perkutut Yang Baik dan Benar - Melakukan perawatan terhadap burung peliharaan adalah suatu kewajiban bagi para pemelihara burung. Terlebih lagi jika burung tersebut adalah burung kesukaan semisal burung perkutut. Burung perkutut adalah burung yang memerlukan perawatan tertentu agar bisa sehat sehingga tentunya bisa membuat senang pemiliknya.

Cara Menjemur Burung Perkutut
Cara Menjemur Burung Perkutut 

Salah satu cara merawat burung perkutut adalah dengan menjemurnya dengan rutin. Selain menjemur, memandikan burung perkutut juga diperlukan. Namun untuk kali ini, yang akan kami ulas adalah bagaimana cara menjemur burung perkutut yang baik dan benar sehingga perkutut menjadi sehat dan tentunya akan rajin manggung.

Karena bagaimanapun juga, jika cara menjemur perkutut ini salah, maka bukan sehat yang didapat namun justru perkutut akan mudah sakit dan terkena penyakit. Lalu bagaimana cara menjemur burung perkutut yang baik dan benar, simak penjelasan nya di bawah ini.

Cara Menjemur Perkutut yang Baik dan Benar

1. Persiapkan Sangkar Jemur

Mungkin bagi yang masih baru di dunia perkutut belum begitu faham dengan sangkar jemur perkutut. Sangkar jemur perkutut adalah sangkar yang memang didesain khusus untuk menjemur burung perkutut. Bentuk dan modelnya berbeda. Sangkar jemur ini lebih terbuka dan tidak ada penghalang sinar matahari masuk ke sangkar. Jadi ketika menggunakan sangkar jemur untuk menjemur perkutut, maka sinar matahari akan masuk secara maksimal, tentu ini sangat bagus untuk perkutut.

2. Persiapkan Pakan dan Minum yang Cukup

Jangan sampai Anda lupa untuk mempersiapkan makan dan minum yang cukup ketika akan dijemur. Karena jika pakan dan minum kurang lalu burung perkutut dijemur dengan digantang, maka ini akan sangat menyiksa burung perkutut itu sendiri. Sehingga bisa jadi burung bisa menjadi stres dan berakibat buruk pada kesehatan burung perkutut. Jadi pastikan persediaan pakan dan minum burung perkutut cukup ketika akan dijemur.

Baca juga : Tips dan Cara Menjernihkan Suara Perkutut

3. Perhatikan Waktu Penjemuran Burung Perkutut

Yang paling bagus menjemur burung perkutut adalah pagi hari. Sekira mulai pukul 06:00 – 10:00 pagi, karena di pagi hari tentu udara lebih segar dan belum banyak polusi. Ada yang menyebut menjemur perkutut sebelum fajar datang juga bagus karena ada banyak sekali embun pagi pada waktu-waktu tersebut yang tentunya akan sangat bagus untuk kesehatan dan kesegaran perkutut.

Jangan sampai menjemur burung perkutut terlalu siang sekitar lebih dari jam 10.00. Karena pada jam-jam tersebut panas matahari cukup terik dan kandungan Ultra Violet cukup tinggi sehingga tidak bagus untuk burung.

4. Penggantangan Adalah Cara Menjemur Paling Baik

Cara menjemur perkutut bisa dilakukan dengan menarih sangkar di atas tanah atau lantai. Tentunya di tempat terbuka yang memungkinkan sinar matahari masuk. Namun cara menjemur perkutut yang paling baik adalah dengan cara menggantang perkutut. Karena selain sangat maksimal sinar matahari yang masuk, menggantang perkutut bisa menjauhkan dari gangguan bisa dari manusia atau hewan lain. Menggantang perkutut juga bisa membuat burung perkutut merasa aman dan nyaman. Namun perlu diingat bahwa menggantang perkutut tidak boleh asal-asalan, ada cara dan tips nya tersendiri, silahkan baca di Cara Menggantang Perkutut yang Baik dan Benar.

Posting Komentar untuk "Cara Menjemur Burung Perkutut Yang Baik dan Benar"