Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Perkutut Katuranggan Yang Perlu Anda Pahami

Ciri-ciri Perkutut Katuranggan Yang Perlu Anda Pahami - Filosofi di dalam burung perkutut di kalangan tertentu memang sangat dalam sekali. Bukan saja bisa dinikmati melalui anggungannya, namun burung perkutut bisa dinikmati melalui katuranggannya. Ada banyak jenis katuranggan pada burung perkutut. Dan masing-masing jenis ini memiliki ciri perkutut katuranggan yang berbeda.

 

Ciri-ciri Perkutut Katuranggan
Ciri-ciri Perkutut Katuranggan

Sebelum lebih jauh mengenai ciri ciri perkutut katuranggan, ada baiknya jika Anda mengerti terlebih dahulu apa itu katuranggan. Karena memang mengerti dan memahami katuranggan dalam dunia perkutut ini perlu waktu dan jam terbang yang cukup. Kita belajar bersama-sama di sini. Bagi para pemula, tidak usah merasa minder dan lainnya, yang terpenting terus belajar agar bisa menambah pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kung mania. Oh iya, jangan hanya belajar katuranggan perkutut saja, Anda juga harus meahami bagaimana cara merawat perkutut yang baik, cara menjaga kesehatan perkutut dan yang lainnya mengenai perawatan perkutut. Ini penting sekali.

Pengertian Katuranggan

Pengertian katuranggan adalah pengetahuan yang mengartikan bentuk-bentuk badan, tentu nya dalam hal ini adalah burung perkutut itu sendiri. Karena dilihat dari bahasanya, Katuranggan bersumber dari bahasa Jawa yakni "katura" (mengemukakan) dan "angga" (badan).

Banyak yang meyakini bahwa perkutut katuranggan ini memiliki yoni, pamor ataupun mitos tersendiri. Masing-masing jenis katuranggan memiliki pamor nya tersendiri yang tentu nya beda antara katuranggan satu dengan yang lainnya. Apalai di dalam tradisi Jawa, perkutut katuranggan memiliki kedudukan yang istimewa di hati para pecintanya.

Sebagian besar penggemar perkutut meyakini bahwa perkutut katuranggan ini hanya dimiliki oleh perkutut lokal alias asli Indonesia bukan perkutut Bangkok atau silangan. Maka dari itu, perkutut Bangkok tidak diakui memiliki katuranggan. Karena pada umumnya hanya dinikmati suara atau anggungannya saja.

Ciri Ciri Perkutut Katuranggan

Berbicara mengenai ciri ciri perkutut kauranggan, maka kita akan dibawa pada sebuah ruang yang begitu luas. Karena memang jenis katuranggan pada perkutut itu ada sangat banyak. Memang ada banyak sekali yang menanyakan bagaimana sebenarnya ciri ciri perkutut katuranggan. Jika pertanyaan itu berbunyi " bagaimana ciri ciri perkutut katuranggan" maka menjawabnya agak sulit.

Namun jika pertanyaan itu diubah, atau dilengkapi seperti  "bagaimana ciri ciri perkutut katuranggan Rondho Semoyo" misalnya. Maka pertanyaan tersebut akan mudah dijawab oleh para master atau sesepuh kung mania.

Maka dari sini bisa kita pahami bahwa ada banyak sekali ciri ciri perkutut katuranggan. Tinggal yang digali informasinya perkutut katuranggan apa. Karena katuranggan perkutut ada banyak sekali. Seperti misalnya Katuranggan Cemani Kul Buntet, Gendewo Sabdo, Gedong Mengo dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah kawan, itulah sedikit informasi mengenai ciri ciri perkutut katuranggan yang bisa perkututpedia.com sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam ulasan di atas. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar untuk saling melengkapi, karena admin masih pemula dan masih belajar. 

1 komentar untuk "Ciri-ciri Perkutut Katuranggan Yang Perlu Anda Pahami"