Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri dan Tuah Perkutut Rondo Semoyo

Ciri Mathi Perkutut Katuranggan Rondho Semoyo/ Rondho Tunggu Donya dan Pamornya - Bagi pecinta jenis perkutut lokal, mengetahui dan mengerti jenis katuranggan adalah sesuatu yang penting. Karena dari katuranggannya tersebut bisa diketahui pamor atau yoni serta daya mistik dari perkutut itu sendiri bagi yang mempercayainya. Karena burung perkutut ini adalah peliharaan yang bukan saja dinikmati dari anggungannya, namun juga dinikmati dari berbagai katuranggan dan bahkan dari berbagai mitos mistis burung perkutut yang berkembang di tengah masyarakat.

Perkutut Katuranggan Rondho Semoyo
Perkutut Katuranggan Rondho Semoyo

Salah satu jenis katuranggan yang populer adalah jenis katuranggan Rondho Semoyo atau juga sering disebut dengan Katuranggan Rondho Tunggu Donyo. Jenis perkutut ini memiliki ciri mathi khusus yang berbeda dengan katuranggan yang lainnya. Dan tentunya juga memiliki yoni atau pamor yang berbeda juga. Katuranggan Rondho Semoyo ini termasuk jenis katuranggan yang banyak diburu oleh para pecinta burung anggungan ini.

Ciri Ciri Perkutut Katuranggan Rondo Semoyo

1. Pelipis mata yang berwarna kekuning-kuningan atau kuning muda

2. Warna kuningnya merata di sekitar bola mata

Jenis burung perkutut ini selain disebut dengan katuranggan Rondo Semoyo, juga sering disebut dengan katuranggan rondho tunggu donya. Arti rondho sendiri bukan rondo dalam bahasa jawa yang berarti janda. Namun rondo dartikan sebagai ronda atau jaga. Jadi jika diartikan dari Rondho Tunggu Donyo ini adalah berjaga menunggu donyo (harta, kekayaan dll).

Jika ditelaah lebih dalam lagi, para tetua dan leluhur memeri nama perkutut ini dengan sebutan Rondo Semoyo atau Rondo Tunggu Donyo sebenarnya memiliki pesan yang tersirat. Pesan tersebut adalah bahwa agar pemilik perkutut jenis ini selalu bisa menjaga harta dengan baik, jangan dihamburkan dengan sesuatu yang tidak penting agar di masa tua yang diibaratkan dengan Rondo atau Janda bisa hidup tercukupi.

Baca juga : Ciri - Ciri Perkutut Katuranggan Gendewo Sabdo dan Pamornya

Perkutut Rondho Tunggu Donyo juga memiliki aura mistik. Bagi yang mempercayainya, burung perkutut ini diyakini bisa mempermudah dalam usaha, jual beli dan juga untuk bisnis. Bukan itu saja, namun burung ini juga diyakini bagus untuk pertanian, nelayan dan juga karyawan. Intinya adalah bagus untuk berupaya dalam mencari rejeki.

Selain bagus untuk mencari rejeki, katuranggan ini juga diyakini bagus sebagai penjaga rejeki. Artinya bagi yang memeliharanya bisa menjadi orang yang hemat, tidak boros dan bisa mengatur keuangannya untuk yang perlu saja. Wallohu A'lam. Untuk pamor atau yoni juga tergantung keyakinan masing-masing, ada yang masih percaya namun ada juga yang sudah meninggalkan keyakinan tersebut. Terpenting adalah kita percaya dan yakin bahwa semuanya adalah titah dari Yang Maha Kuasa.

Nah kawan, itulah sedikit informasi mengenai pamor Perkutut Katuranggan Rondho Tunggu Donyo yang bisa kami sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam ulasan di atas. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar untuk saling melengkapi, karena admin masih pemula dan masih belajar.

4 komentar untuk "Misteri dan Tuah Perkutut Rondo Semoyo"

  1. untuk warna kuningy sampai ke paruh apa cuma di kelopak mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di kelopak mata saja bisa juga sampai paruh, kalau sampai paruh biasanya disebut Rondo Semoyo super, artinya bagus sekali....

      Hapus
  2. Rondo Semoyo bukan berarti janda sendiri. Tepatnya. Arti harapiahnya saat sendirian nanti di masa depan. Kita ga akan kekurangan harta. Pertama saya kali maharkan Agustus 2021 dimana saya temukan di pasar Kemis Tangerang. Banten

    Memang misteri tp maksud katuranggan ialah memberikan #kode mengenai arti apa yang harus saya persiapkan. Misalnya saja Rondosemoyo saya dah ada bulu putih nya menyerupai bintel mayit. Tp bukan berati apes dan sial

    Makna sebenarnya adalah perjuangan menggapai pengorbanan dalam kesuksesan. Dan perlu di catat. Kalo buntel mayit hanya dalam 1 saja di salah satu sayapnya bukan di kedua-dua nya.

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah saya sudah punya...
    Rondo semoyo....barang kai ada yg minat bisa wa ajah 081325214862

    BalasHapus