Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus Dipelihara

Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus Dipelihara - Memilih burung perkutut memang bukanlah pekerjaan yang gampang. Ada banyak sekali variabel yang harus dipertimbangkan. Mulai jenis katuranggan nya, bunyi anggungannya, dan juga dari nasab atau keturunannya. Memang berbeda dengan jenis burung yang lain, burung perkutut ini memiliki keunikan tersendiri. Burung perkutut sendiri secara umum terbagi menjadi tiga jenis jika dilihat dari asalnya.

Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus
Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus

Pertama adalah burung perkutut lokal, ke dua burung perkutut bangkok dan ke tiga adalah persilangan antara perkutut lokal dan bangkok yang biasa disebut perkutut crossing. Insyaalloh di lain waktu akan kami sampaikan bagaimana cara membedakannya dari ke tiga jenis tersebut. 

Nah, dari ketiga jenis tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Bagi pecinta katuranggan, maka perkutut lokal menjadi pilihan yang tepat. Karena banyak kung mania menyebut bahwa hanya perkutut lokal yang memiliki katuranggan. Bahkan bagi yang begitu memegang definisi dan pengklasifikasian jenis katuranggan perkutut ini ada yang menyebut bahwa perkutut penangkaran sudah tidak memiliki katuranggan lagi. Namun ini tergantung masing-masing orang, tidak semuanya begini.

Secara anggungan, perkutut lokal juga tidak kalah dengan perkutut bangkok. Meskipun belakangan ini ramai juga peternak perkutut bangkok dengan menawarkan segala kelebihan suaranya. Untuk perkutut lokal, banyak yang menyebut semakin tua suara perkutut lokal semakin mapan dan semakin mantab. Ini berbeda dengan perkutut bangkok, yang semakin tua biasanya suara perkutut serak dan cempreng. Namun demikian hal seperti ini tidak bisa serta merta keseluruhannya demikian, kami kira bagaimana cara merawat perkutut lah yang menentukannya.

Nah, jika Anda termasuk pemula dan ingin membeli dan memelihara perkutut lokal, maka ada baiknya membaca dulu ciri ciri perkutut lokal yang bagus yang akan perkututpedia ulas di bawah ini. Ciri ciri perkutut lokal yang bagus dipelihara yang akan kami sampaikan ini berdasar dari banyak referensi dan berbagai sumber para ahli perkutut yang sudah lama menekuni dunia perkutut. Ya meskipun mungkin tidak semuanya benar, namun setidaknya bisa menambah sedikit referensi Anda.

Ciri Utama Perkutut Lokal yang Bagus

1. Punggung Agak Menonjol

Apabila dilihat dari samping, biasanya burung pengicau ini akan agak menonjolkan punggungnya ke atas. Sekilas, burung ini akan nampak seperti punuk unta.Postur perkutut lokal seperti ini banyak yang meyakini bagus untuk dipelihara.

2. Dada Melengkung ke Dalam

Hal ini merupakan kebalikan dari kondisi punggungnya. Perkutut lokal berkualitas baik umumnya memiliki dada yang melengkung ke dalam.

3. Bulu Ekor Panjang

Semakin panjang bulu ekor perkutut, maka semakin bagus dipelihara. Hal ini akan menambah tampilan elegan dari burung perkutut itu sendiri.

4. Fisik yang Tangguh

Salah satu ciri perkutut lokal yang bagus adalah kondisi fisik yang tangguh. Tentu hal ini penting dimiliki burung anggungan tersebut karena akan berpengaruh terhadap aktivitas manggung. Ciri ini juga menunjukkan bahwa perkutut tersebut sehat.

5. Kepala Perkutut Besar

Perkutut lokal biasanya cenderung memiliki kepala yang lebih besar dibanding jenis perkutut lain. Hal ini menandakan bahwa ia memiliki kecerdikan lebih karena volume otak yang besar. Meskipun kecerdikan tersebut juga belum tentu semuana demikian.

6. Hidung Perkutut Besar

Perkutut lokal yang bagus adalah yang ukuran hidungnya besar. Dengan demikian, ia mampu bernapas lebih kuat ketika mbekur dan  atau manggung.

7. Ukuran Badan Perkutut Besar

Ciri perkutut lokal berikutnya adalah memiliki tubuh bulat dan relatif besar. Hal ini menandakan fisiknya yang tangguh dan mumpuni saat mengikuti perlombaan.

8. Pupur Berwarna Abu

Pupur atau bulu halus di bagian kepala cenderung abu-abu dari atas parih sampai bagian atas mata. Ini merupakan salah satu ciri perkutut lokal yang baik untuk dipelihara. Ciri ini merupakan keistimewaan karena jarang ditemukan pada jenis perkutut lain.

9. Paruhnya Panjang

Perkutut lokal yang bagus biasanya memiliki ukuran paruh cukup panjang. Hal ini membuatnya bisa manggung dan rajin berbunyi saat mengikuti perlombaan. Paruh panjang biasanya memudahkan untuk merawat perkutut terutama dalam hal makan nya.

10. Bentuk Mata Bulat

Karakteristik perkutut lokal selanjutnya adalah bentuk mata bulat disertai sorot penglihatan yang lebar dan tajam. Hal ini bermanfaat bagi perkutut untuk mengintai burung lain atau mangsa dari jarak jauh.

11. Memiliki Lurik yang Tegas

Lurik atau lingkar garis hitam perkutut lokal umumnya memang selalu tampak jelas dan tegas. Namun, jenis perkutut lain mungkin juga memiliki karakteristik yang serupa.

12. Bulu Leher Abu-abu

Perkutut lokal berkualitas baik biasanya memiliki bulu leher berwarna abu-abu terang yang coraknya semakin melebar.

13. Kondisi Kaki

Perkutut lokal memiliki ciri khas kaki yang lebih pendek. Selain itu, warna kaki tersebut agak keunguan dan terkadang merah kehitaman. 

Demikian beberapa ciri perkutut lokal yang bagus untuk dipelihara. Barangkali pembaca memiliki ciri tersendiri atau kriteria tersendiri dalam memilih perkutut lokal yang berkualitas, bisa ditambahkan pada kolom komentar, sekedar untuk berbagi dan menambah pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus Dipelihara"