Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Perkutut Cacingan Yang Manjur

Cara Mengobati Perkutut Cacingan Yang Manjur - Cacingan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang burung peliharaan. Termasuk tentunya adalah perkutut, burung perkutut juga sangat rentan terhadap penyakit cacingan. Tak bisa dipandang remeh, penyakit cacingan pada burung perkutut ini akibatnya sangat fatal jika dibiarkan saja. Ada banyak cara mengobati perkutut cacingan yang bisa Anda coba untuk perkutut Anda.

 

Cara Mengobati Perkutut Cacingan
Cara Mengobati Perkutut Cacingan

Cara mengatasi perkutut cacingan bisa menggunakan bahan alami atau bisa juga menggunakan obat cacing yang dijual di toko. Untuk obat cacing ini, ada yang menggunakan obat cacing untuk manusia, ada juga yang menggunakan obat cacing khusus untuk burung. Lalu bagaimana cara menggunakan obat cacingan untuk burung perkutut tersebut, simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengobati Perkutut Cacingan

1. Menggunakan Obat Cacing

- Obat Cacing Tablet

Untuk mengobati cacingan perkutut menggunakan obat cacing tablet caranya adalah dengan memotong obat tersebut menjadi sebesar biji kacang ijo. Setelah dipotog sebesar kacang ijo, lolohkan obat cacing tersebut pada perkutut Anda. Pengobatan perkutut cacingan ini dilakukan sekira 3-4 hari sampai cacing tidak keluar lagi dari dubur perkutut Anda.

- Obat Cacing Puyer

Ada sedikit perbedaan dengan penggunaan obat cacing puyer untuk perkutut. Untuk obat cacing perkutut menggunakan puyer, perlu campuran makanan tersendiri. Bisa Anda campur dengan nasi atau tempe mentah. Campurkan keduanya kemudian pilin-pilin menjadi butiran kecil saja sekecil kacang hijau. Setelah itu lolohkan butiran tersebut, biasanya dalam waktu yang tidak lama cacing akan keluar sendiri melalui dubur.

- Obat Cacing Cair

Untuk obat cacing yang cair, cara mengobati cacingan pada perkutut cukup mudah, cukup dengan meneteskan pada paruh perkutut sebanyak 2-3 tetes saja. Tetap berikan makanan dan minuman seperti biasa agar jika cacing keluar dari perkutut, perkutut tidak lemas.

Nah, pada umumnya, obat cacing yang digunakan para kung mania untuk mengatasi cacingan adalah obat cacing manusia. Combrantin yang paling sering direkomendasikan teman-teman kung mania. Namun demikian, ada beberapa kung mania yang kurang sependapat dengan penggunaan Combantrin, karena Combantrin adalah obat untuk manusia.

Obat cacingan pada perkutut sendiri sebenarnya sudah sangat banyak yang khusus untuk burung. Anda bisa membeli nya di berbagai tok pakan burung atau bisa juga melalui online.


Baca juga :

Ciri Perkutut Cacingan

Cara Membersihkan Sangkar Perkutut

Cara Meningkatkan Birahi Perkutut


2. Menggunakan Bawang Putih dan Kacang Hijau

Selain menggunakan obat perkutut cacingan, ada beberapa cara lain yang cukup mudah dan sederhana. Dengan bahan-bahan yang alami, sudah banyak kung mania yang menerapkannya untuk menyembuhkan perkutut cacingannya.

Bahan alami untuk mengobati perkutut cacingan adalah bawang putih dan kacang hijau. Caranya cukup mudah, lolohkan perkutut dengan bawang putih yang sudah dipotong sebesar kacan hijau, berikan 3 loloh saja. Untuk kacang hijau perlu direbus dulu, setelah empuk lolohkan 7 kacang hijau tersebut pada perkutut. Bahan ini cukup ampuh untuk mengeluarkan cacing dari perkutut.

3. Turunkan ke Tanah

Nah, kalo yang nomer tiga ini cukup unik. Cara mengatasi cacingan pada perkutut cukup dengan menurunkan perkutut ke tanah saja. Meskipun agak aneh karena tanah biasnya adalah tempat berkembangnya bibit bibit cacing. Namun percaya atau tidak, ada beberapa kung mania yang sudah mencoba dan ternyata berhasil. Apa mungkin karena diturunkan di tanah sehingga perkutut menjadi lebih aktif lagi, sehingga cepat sembuh, Wallohu A'lam.

4. Menggunakan Kencur

Manfaat kencur untuk perkutut ini pada umumnya berhubungan dengan suara. Namun pada beberapa kasus lain ternyata kencur juga sangat bagus untuk kesehatan perkutut. Bahkan ada beberapa kung mania sesuai pengalamannya bahwa kencur ini bisa juga untuk mengatasi perkutut cacingan. Maka dari itu Anda juga bisa mencobanya sebagai salah satu cara mengobati perkutut cacingan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Perkutut Cacingan Yang Manjur"