Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjinakkan Perkutut Dengan Air Hangat Yang Efektif

 Cara Menjinakkan Perkutut Dengan Air Hangat Yang Efektif – Dalam memelihara perkutut, masalah yang sering timbul bagi pemula adalah bagaimana cara menjinakkan perkutut itu sendiri. Karena burung perkutut itu sedikit berbeda perlakuannya dari burung piaraan yang lain. Ketika perkutut tidak kunjung jinak, maka jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan masalah dan akan berpengaruh terhadap manggungnya perkutut dan bahkan bisa juga berpengaruh terhadap kesehatan perkutut.

Cara Menjinakkan Perkutut Dengan Air Hangat
Cara Menjinakkan Perkutut Dengan Air Hangat 


Untuk menjinakkan burung perkutut, ada banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan. Seperti memandikannya setiap hari atau yang lainnya. Nah, untuk kesempatan kali ini, yang perkututpedia ulas adalah bagaimana cara menjinakkan burung perkutut dengan air hangat. Mungkin ada dari teman-teman kung mania yang belum familiar menggunakan air hangat untuk menjinakkan perkutut. Di bawah ini akan kami sampaikan tahapan dan tata caranya, silahkan disimak baik-baik.


Cara Menjinakkan Burung Perkutut Dengan Air Hangat


1. Pegang Burung Perkutut Dengan Lembut

Sebelum memulai proses penjinakan burung perkutut, yang paling berpengaruh dalam keberhasilannya adalah sentuhan pertama Anda. Anda perlu lebih sering memegang burung perkutut lebih sering dan lebih halus. Seberapa halus dan sering Anda dalam memegang burung ini sebagai kontak pertama yang sangat berpengaruh untuk membuat perkutut cepat terbiasa dan tidak mudah kagetan.

2. Memberi Pijatan yang Lembut

Setelah Anda memegang burung perutut, sekalian berikan terapi pijitan pada perkutut Anda. Ini bertujuan untuk sedikit melemaskan otot-otot perkutut yang kaku atau tegang karena perkutut selau bergerak tidak kontrol. Perkutut yang tidak jinak biasanya selalu terbang tak tentu arah di dalam sangkar, dan ini bisa membuat perkutut berbenturan keras baik dengan sangkar maupun wadah pakan dan minum di dalam sangkar. Benturan yang sering terjadi ini biasanya juga bisa membuat perkutut menjadi nyeri pada bagian yang berbenturan. Coba berikan pijitan yang lembut (plurut : bahasa jawa), untuk sekedar merelaksasi.

3. Mandikan dengan Air Hangat

Nah, setelah ke dua proses di atas, baru sekarang Anda bisa memandikan burung perkutut Anda dengan air hangat. Untuk memandikannya usahakan jangan sampai membuat perkutut terkaget, pelan saja. Usap saja dulu mulai dari kepala belakang, tubuh sampai pada ekor perkutut. Setelah diusap, Anda bisa memasukkan burung perkutut ke dalam baskom air hangat sambil dielus-elus. Masukkan sampai ekornya, karena fungsi air hangat untuk perkutut juga bisa digunakan untuk merapikan bulu-bulu perkutut itu sendiri.

4. Cabuti Bulu yang Sudah Tua

Untuk tahap ini, biasanya dilakukan setelah perkutut lebih jinak. Jadi setelah beberapa kali dimandikan biasanya perkutut akan lebih jinak di saat inilah Anda bisa mencabuti bulu yang sekira sudah tua. Ketika mencabuti bulu yang tua, masukkan perkutut di dalam air hangat untuk mengurangi rasa sakit. 

Baca juga :

5. Jangan Lupa Komunikasi

Percaya atau tidak, dengan sering berkomunikasi dengan perkutut, ini akan mempercepat proses menjinakkan burung perkutut. Ketika Anda mulai memegang perkutut, usahakan selalu berbicara dengannya. Berbicaralah terus sampai proses memandikan perkutut selesai seakan Anda mengenal burung perkutut Anda.

Ok sedulur semua, semoga mencerahkan ya. Oh iya, dalam memelihara perkutut ini biasanya memang memerlukan proses yang agak lama, baik menjinakkan, membuat perkutut nggacor ataupun membuat perkutut menjadi lulut, jadi nikmati saja prosesnya.

Posting Komentar untuk " Cara Menjinakkan Perkutut Dengan Air Hangat Yang Efektif"