Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Perkutut Katuranggan Sangga Bhuana dan Mitos yang Menyertainya

Ciri-ciri Perkutut Sangga Bhuana dan Mitos yang Menyertainya – Memelihara perkutut tidak seperti memelihara burung yang lain. Ada beberapa hal yang berbeda antara burung perukutut denan burung yang lainnya. Bagi pecinta perkutut, pasti hafal dengan mitos tentang katuranggan baik dan buruk yang ada pada perkutut. Salah satu jenis perkutut katuranggan adalah perkutut katuranggan sangga bhuana. Ini adalah jenis perkutut yang memiliki ciri mathi yang baik. 

Ciri Perkutut Katuranggan Sangga Bhuana
Ciri Perkutut Katuranggan Sangga Bhuana

Yang unik dari katuranggan perkutut selain memang memiliki ciri khas tersendiri, perkutut katuranggan dianggap oleh banyak orang memiliki mitos dan yoni nya masing-masing. Dan tak jarang karena yoni dan pamor perkutut inilah sehingga ada perkutut yang dihargai sangat mahal dan menjadi buruan banyak orang.

Katuranggan Baik dan Buruk

Sebenarnya, katuranggan sendiri mengacu pada ciri fisik dan sifat yang dimiliki oleh burung perkutut. Secara hakikat sendiri, sebenarnya ini adalah ciri fisik dan sifat yang abnormal, yang tidak sama dengan ciri fisik yang dimiliki oleh perkutut yang normal. Tetapi, kemudian ciri fisik yang abnormal tersebut kemudian dikaitkan oleh hal gaib secara turun menurun.

Ada perkutut yang dikategorikan sebagai katuranggan baik ataupun katuranggan buruk. Katuranggan baik dianggap sebagai perkutut yang membawa keberuntungan sedangkan katuranggan buruk akan dianggap sebagai perkutut pembawa kesialan kepada para pemiliknya. 

Contoh burung perkutut yang merupakan katuranggan baik misalnya adalah mercuci, wisnu murti, udan mas, candra sabda, rupo cahyo, pendawa mijil, lurah, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh perkutut yang merupakan katuranggan buruk misalnya adalah  buntel mayit, brahma suku, kelabang kapipit, dan lain sebagainya.

Kepercayaan atau mitos ini memang dipercaya turun temurun. Tetapi, seiring berkembangnya jaman, banyak juga para pecinta perkutut yang kemudian tidak percaya akan hal ini. Sejatinya, bagi orang yang beragama alangkah baiknya hanya percaya kepada Tuhan yang Maha Esa. 

Ciri dan Mitos Perkutut Sangga Bhuana 

Perkutut yang satu ini masuk ke dalam jenis katuranggan baik. Artinya, dipercaya bagi orang yang memelihara perkutut ini akan terciprat keberuntungan. Ciri-ciri fisik perkutut yang satu ini adalah terdapat sehelai bulu yang warnanya putih. Sehelai bulu tersebut terdapat pada bagian punggung.

Jenis perkutut yang satu ini dipercaya akan membuat pemiliknya senantiasa dilimpahi rezeki, dilancarkan pekerjaannya, dan lain sebagainya. Tetapi hal ini dengan syarat jangan ada bulu yang sejajar dengan bulu yang lainnya. Ini adalah kepercayaan yang dari dulu dipegang oleh para pecinta perkutut. Anda boleh memelihara perkutut katuranggan sangga bhuana ataupun perkutut katuranggan yang lainnya. Untuk masalah kepercayaan atau mitos perkutut katuranggan yang menyertainya, itu semua kembali kepada kepercayaan masing-masing pemelihara. 

Yang paling penting tentunya adalah kita tetap yakin bahwa semua kejadian yang ada di dunia ini tidak terlepas dari titah Yang Maha Esa. Semuanya hanya perantara saja seperti halnya dokter atau obat yang bisa menyembuhkan penyakit.

Burung perkutut sangga bhuana yang memiliki ciri berbeda dengan perkutut yang lainnya ini memang digemari oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan mitos yang menyertainya. Apakah Anda adalah orang  yang juga mempercayai mitos tersebut? Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Perkutut Katuranggan Sangga Bhuana dan Mitos yang Menyertainya"