Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Lurah

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Lurah Yang Banyak Diburu Kung Mania – Ada banyak sekali jenis perkutut  katuranggan, salah satu yang populer adalah perkutut katuranggan lurah. Burung perkutut ini adalah jenis perkutut yang banyak diburu oleh para kung mania. Bahkan konon kabarnya, perkutut katuranggan Lurah ini semakin hari semakin sulit ditemukan. Alasan banyak diburu dikarenakan perkutut lurah ini dianggap memiliki yoni dan pamor yang bagus bahkan termasuk ke dalam jajaran perkutut bertuah. 

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Lurah
Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Lurah

Memang jika kita berbicara mengenai burung perkutut, maka akan sulit dipisahkan dengan mitos maupun pamor perkutut yang mengiringinya. Maka tak heran jika banyak pehobi burung perkutut pada umumnya ia juga memiliki hobi koleksi keris atau barang bertuah lainnya.

Ciri dan Mitos Perkutut Lurah

Perkutut ini adalah salah satu dari banyaknya perkutut katuranggan yang dipercaya membawa keberuntungan. Contoh lainnya adalah perkutut songgo ratu, putih, kol buntet atau hitam, gendawa sabda, gedong mengo, gedong mineb, dan lain sebagainya. 

Baca juga : Makanan Burung Perkutut yang Berkualitas

Burung yang satu ini adalah burung yang mempunyai corak warna yang sama dengan ular. Luriknya sangat serupa jika dilihat sekilas. Selain itu, ciri Perkutut Lurah ada di bulu dada dengan warna yang lebih terang keputih-putihan seperti ular. Jenis perkutut yang dipercaya membawa keberuntungan ini habitat aslinya adalah di hutan. Mengapa disebut dengan istilah tersebut karena cara hidupnya yang unik.

Layaknya seorang pejabat, burung ini akan dibawakan makanan oleh burung yang lainnya dan di suapi. Dengan begini sudah terlihat bahwa burung ini memiliki kewibawaan dan di percaya oleh para pecinta perkutut akan membawa rezeki yang melimpah. Tidak mengherankan jenis perkutut yang satu ini biasanya dipelihara oleh orang yang mempunyai jabatan tinggi. 

Hal-hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Perkutut Katuranggan

Burung ini dipercayai memiliki sifat gaib yang membawa keberuntungan atau kesialan bagi pemiliknya. Kali ini, Kita akan membahas tentang perkutut yang membawa keberuntungan. Kepercayaan ini turun temurun dan masih banyak orang yang mempercayainya. 

Mengenai nama katuranggan sendiri, ini sebenarnya berasal dari Bahasa Jawa. Berasal dari dua kata yakni Katur yang artinya adalah menyampaikan dan Angga yang memiliki arti badan. Maka secara sederhananya istilah katuranggan adalah pengetahuan dalam mengungkap arti bentuk yang ada pada tubuh perkutut. 

Yang menarik, dahulu kala burung perkutut katuranggan dianggap sebagai burung yang berasal dari dunia ghaib. Tetapi, seiring berkembangnya jaman ada orang yang sudah melupakan tentang mitos ini. Sebagian orang yang menyukai perkutut juga masih ada yang tetap percaya tentang mitos tersebut. 

Begitulah tentang perkutut lurah, ia adalah salah satu jenis perkutut katuranggan yang dipercaya membawa keberuntungan yakni rezeki yang melimpah. Apakah Anda percaya akan hal tersebut? Semoga artikel ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Lurah"