Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok

Cara Membedakan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok - Bagi para senior Kung Mania mungkin mudah membedakan perkutut lokal dan perkutut bangkok. Namun untuk pemula yang baru terjun di dunia perkutut, sedikit sulit untuk mengetahui ciri perkutut lokal maupun ciri perkutut bangkok.

Cara Membedakan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok
Cara Membedakan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok


Meskipun agak sulit namun perbedaan perkutut bangkok dan perkutut lokal masih bisa dikenali. Ada beberapa cara membedakan perkutut bangkok dan lokal yang bisa Anda praktikkan. Karena pada dasarnya kedua jenis perkutut tersebut memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda.

Selain dari ciri fisik burung perkutut lokal dan burung perkutut bangkok, bisa juga dikenali dari aspek lain seperti suara misalnya. Nah, untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan perkututpedia.com di bawah ini.

Perbedaan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok

Ciri Perkutut Lokal

- Ukuran Tubuh

Ciri fisik perkutut lokal biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada perkutut bangkok.

- Kepala dan Leher

Ciri perkutut lokal selanjutnya adalah kepala bentuknya membulat dan lebih kecil. Leher perkutut lokal juga terlihat agak lebih pendek.

- Warna Kacamata

Lingkar kacamata di sekitar mata berwarna sedikit abu-abu kebiru-biruan. Ukurannya juga lebih kecil dari pada perkutut bangkok dan tipis.

- Garis Leher

Ada beberapa garis halus di leher dan warna bulu pada dada sedikit lebih gelap

- Ukuran dan Warna Kaki

Perkutut lokal kaki nya sedikit lebih pendek. Warna kaki biasanya berwarna ungu atau merah sedikit agak hitam.

- Ekor

Ekor perkutut lokal pada umumya sedikit lebih panjang. Selain panjang, bentuk ekor perkutut lokal pada bagian ujungnya lebih lancip.

- Daerah Asal 

Perkutut lokal berasal dari hutan. Biasanya ditangkap oleh para pemikat atau penjaring perkutut. Karena dari hutan, maka perkutut lokal tidak memiliki ring.

- Warna Bulu

Warna bulu perkutut lokal didominasi dengan warna coklat.

-Suara Burung

Suara burung perkutut lokal biasanya lebih pelan dan lebih tipis. Iramanya agak cepat dengan suara kung yang terdengar terpatah-patah.

Baca juga :

Ciri Perkutut Bangkok

Ada beberapa ciri fisik perkutut bangkok yang mudah dikenali. Terutama pada tubuh, jenis perkutut bangkok umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pada jenis perkutut lokal. Namun untuk lebih detailnya, perhatikan ulasan ciri perkutut bangkok yang bagus seperti di bawah ini.

- Postur Tubuh

Pada umumnya ciri fisik perkutut bangkok memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pada perkutut lokal.

- Kepala dan Leher

Kepala dan leher juga sedikit berbeda. Kapala perkutut terlihat lebih besar dengan leher juga lebih panjang. Leher yang panjang membuat suara kun menjadi lebih panjang.

- Kacamata

Lingkar kacamata pada burung perkutut bangkok lebih besar, tebal dan memiliki warna yang sedikit pucat.

- Warna Bulu

Pada umumnya perkutut bangkok memiliki warna yang lebih cerah. Pada bagian dada nampak sangat jelas.

- Ukuran dan Warna Kaki

Jika perkutut lokal kaki nya berwarna ungu atau merah kehitaman, untuk perkutut bangkok warna kaki adalah merah keunguan. Ukuran kaki perkutut bangkok juga lebih panjang dari pad kaki perkutut lokal.

-Ekor

Meskipun memiliki ukuran tubuh lebih besar, namun ekor perkutut lebih pendek dan pada ujungna berbentuk lebih tumpul atau papak.

- Asal Muasal

Perkutut bangkok berasal dari Penangkaran sehingga rata-rata pasti memiliki ring. Pada awal mulanya dulu perkutut bangkok berasal dari Bangkok Thailand yang di bawa ke Indonesia. Baca Sejarah Lengkap Perkutut Bangkok di Indonesia.

- Suara Perkutut Bangkok

Suara perkutut bangkok menjadi kelebihan yang banyak dicari kung mania. Perutut bangkok memiliki suara yang besar, tebal, dan ngebass. Selain itu, suara perkutut bangkok juga memiliki irama yang harmonis serta ujung suara kung lebih panjang.

Kesimpulan

Dilihat dari beberapa data dan fakta mengenai perbedaan perkutut lokal dan perkutut bangkok di atas, maka ada kesimpulan untuk mempermudah cara membedakan perkutut lokal dan bangkok. Pertama lihat saja pada kaki nya, ada ring atau tidak, jika ada maka kemungkinan besar itu adalah perkutut bangkok.

Kemudian Anda bisa melihat ukuran tubuh, tubuh yang lebih besar biasanya adalah perkutut bangkok. Bagian kepala, leher juga bisa Anda jadikan sebagai acuan. Jika masih merasa sulit membedakan melalui ciri fisik, maka bisa juga Anda perhatikan melalui suaranya. Perkutut bangkok memilki suara yang ngebass, tebal, dan panjang. Sedangkan perkutut lokal suaranya kecil, tipis, dan suara kungnya pendek-pendek.

Untuk pemula memang agak sulit mengetahui perbedaan perkutut bangkok dan lokal. Namun lambat laun dengan ketelatenan maka Anda akan bisa dengan mudah mengerti perbedaan kutut lokal dan bangkok

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok"