Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Suguh Dayoh

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Suguh Dayoh  - Perkutut adalah jenis burung unik dengan beragam misteri yang mengiringinya. Bagi penggemar perkutut, tentu tidak asing lagi dengan berbagai mitos perkutut maupun yoni dan pamor burung perkutut. Karena di setiap perkutut lokal katuranggan, memiliki ciri mathi, yoni dan pamor nya masing-masing. Ada banyak jenis perkutut katuranggan seperti misalnya Perkutut Suguh Dayoh.

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Suguh Dayoh
Perkutut Suguh Dayoh

Para pecinta perkutut lokal pasti sudah pernah mendengar perkutut katuranggan Suguh Dayoh/dayuh. Jenis perkutut yang satu ini masuk dalam perkutut katuranggan. Ini adalah istilah yang menyebut perkutut lokal yang tumbuh tidak normal atau tidak lazim seperti perkutut normal pada umumnya. Seperti halnya perkutut katuranggan yang lain, jenis perkutut suguh dayoh juga memiliki ciri dan ke khasan dan mitos nya sendiri.

Ciri dan Mitos Perkutut Suguh Dayoh/dayuh

Kembali membahas jenis katuranggan perkutut Suguh Dayoh. Jika dilihat dari namanya, ini adalah nama berbahasa jawa yang artinya menyambut tamu. Memang, jenis perkutut yang satu ini memiliki ciri khas yakni akan berbunyi saat tamu datang ke rumah. 

Memang, sekilas akan tampak menarik dan lucu ketika perkutut Anda berbunyi yang menandakan seakan menyambut tamu yang datang. Tetapi, di mitos yang beredar di para pecinta perkutut, jenis burung yang satu ini dipercaya akan membawa kesengsaraan kepada pemiliknya.

Tetapi bagaimana jika Anda ingin sekali memelihara jenis perkutut dayuh ini? Tentu Anda boleh memilikinya. Sebenarnya, mitos sendiri adalah kepercayaan buruk yang tidak jelas asal usulnya dan tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Selama Anda adalah orang yang beragama, maka mempercayai Tuhan yang Maha Esa akan melindungi Anda dari berbagai marabahaya. 

Dari sekian banyak jenis perkutut, mungkin perkutut Suguh Dayoh/dayuh menarik perhatian Anda. Anda bisa memiliki dan memeliharanya jika Anda mau. Tidak perlu memperdulikan mitos yang beredar selama Anda tidak mempercayainya. 

Jenis Perkutut Katuranggan yang Lain

Ada banyak sekali jenis perkutut katuranggan ini selain Suguh Dayuh. Beberapa daftarnya antara lain adalah sebagai berikut:


1. Kol Buntet

2. Kantong Semar

3. Brahma Labuh Geni

4. Buntel Mayit

5. Brahma Suku

6. Brahma Kukup

7. Durga Ngerik

8. Lembuh Rawan

9. Larasati

10. Pendawa Mijil

11. Kaki Bebek

12. Rajawana

13. Sapu Jagad

14. Puther

15. Jambul Garuda

16. Dan lain sebagainya

Tiap jenis memiliki ciri tersendiri dan mitosnya masing-masing. Meskipun memiliki mitos tertentu, Anda tidak harus mempercayainya. Hal ini dikarenakan sesungguhnya hal buruk hanya akan datang jika Anda percaya bahwa hal tersebut benar-benar akan terjadi. 

Posting Komentar untuk "Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Suguh Dayoh"