Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Perkutut Udan Mas Asli dan Mitosnya

Ciri Perkutut Udan Mas Asli dan Mitosnya - Katuranggan burung perkutut Udan Mas termasuk salah satu katuranggan perkutut yang banyak diburu kolektor. Perkutut Katuranggan Udan Mas lokal alam dipercaya memiliki yoni, khodam, tuah maupun pamor yang begitu kuat pada pemiliknya. Dengan kepercayaan seperti ini, tak heran harga perkutut Udan Mas di pasaran semakin melambung tinggi. 

Ciri Perkutut Udan Mas Asli
Ciri Perkutut Udan Mas Asli

Karena semakin tingginya permintaan kemudian membuat harga perkutut Udan Mas menjadi mahal, ini menjadi celah bagi para oknum untuk menjual perkutut Udan Mas palsu pada para pembeli. Karena sulit bagi pemula bisa menemukan ciri perkutut Udan Mas asli di pasaran, karena hampir sama dengan ciri perkutut Udan Mas palsu. 

Perkutut Udan Mas lokal alam biasanya menjadi target buruan para penghobi burung anggungan tersebut. Karena perkutut Udan Mas penangkaran dianggap tidak memiliki yoni dan pamor. Perkutut Udan Mas lokal alam pun untuk saat ini sangat sulit sekali didapatkan. 

Jika Anda ingin memiliki perkutut Udan Mas asli lokal alam, maka sebaiknya pelajari dan pahami ciri perkutut Udan Mas asli. Tentu saja agar Anda tidak tertipu oleh para oknum penjual yang memanfaatkan situasi. Di bawah ini akan kami uraikan ciri perkutut Udan Mas asli lokal alam beserta perbedaan perkutut Udan Mas asli dan perkutut Udan Mas palsu.

Baca juga :

Ciri Perkutut Katuranggan Udan Mas Asli

Ada beberapa ciri perkutut Udan Mas yang spesifik. Anda perlu memahaminya satu persatu agar bisa mengetahui beda perkutut Udan Mas asli dan perkutut Udan Mas palsu. Perhatikan ulasan di bawah ini.

1. Perkutut Udan Mas Memiliki Mata Berwarna Merah

Perkutut Udan Mas asli lokal alam memiliki mata berwarna merah, bukan hitam. Karena ada beberapa penjual di pasar yang menyebut bahwa perkutut Udan Mas bermata hitam. Ada sebagian yang menyebut perkutut Udan Mas berwarna hitam, namun mayoritas ahli perkutut menyebut perkutut Udan Mas bermata merah.

2. Warna Emas atau Kuning Kecoklatan pada Bulu Leher

Ciri utama perkutut Udan Mas adalah pada warna garis emas atau kuning kecoklatan pada bagian leher. Namun di pasaran kadang penjual perkutut menjual perkutut udan mas dengan warna hitam. Bisa jadi perkutut dengan warna garis hitam ini bukan jenis perkutut udan mas. Karena untuk saat ini sangat sulit sekali mendapatkan Perkutut dengan garis warna kuning emas.

3. Bulu Perkutut Udan Mas Berwarna Kuning Keemasan

Yang khas lagi dari perkutut Udan Mas adalah warna kuning keemasan pada bulu tubuh. Warna ini biasanya akan sangat nampak jelas jika didekati. Warna kuning keemasan yang bercampur putih ini tidak akan hilang.

4. Suara Burung Perkutut Udan Mas

Ada beberapa versi mengenai suara burung perkutut udan mas asli lokal alam. Ada yang menyebut bahwa suara perkutut katuranggan udan mas yang asli memiliki suara yang aneh, berbeda dengan suara perkutut pada umumnya. Bahkan ada yang meyakini bahwa perkutut ini merupakan reingkarnasi dari putra Raja Majapahit.

Namun juga ada yang meyakini bahwa suara perkutut udan mas sama dengan perkutut lainnya. Yang membedakanya hanya pada bulu burung perkutut.

5. Paruh Perkutut Udan Mas  Berwarna Putih

Warna paruh perkutut udan mas berwarna putih. Warna paruh ini sama dengan warna putih pada bulu perkutut.

6. Sayap Perkutut Udan Mas Coklat Kekuningan

Bukan saja tubuh, bagian sayap perkutut Udan Mas juga berwarna coklat keuningan. Warnanya belang-belang memenuhi sayap.

7. Warna Kaki Perkutut Udan Mas Agak Merah

Ciri perkutut Udan Mas asli lokal alam yang kas lagi adalah pada kaki yang berwarna merah. Ini yang membedakan dengan perkutut lainnya, karena pada umumnya perkutut kaki nya berwarna hitam.

Baca juga :

Mitos Perkutut Udan Mas dan Asal Usul nya

Dilihat dari asal katanya, perkutut Udan Mas adalah Perkutut Hujan Emas. Memelihara perkutut Udan Mas banyak yang menganggap akan mendatangkan rejeki yang melimpah ruah. Ibaratnya seperti hujan, rejekinya tidak pernah berhenti.

Perkutut udan mas juga memiliki yoni atau khodam bagi yang mempercayainya. Perkutut Udan Mas termasuk perkutut berkhodam yang banyak diburu para kolektor. Aura perkutut Katuranggan Udan Mas sangat kuat yang dihuni khodam ghoib.

Tidak semua perkutut Udan Mas dianggap memiliki yoni dan khodam. Karena perkutut Udan Mas dari penangkaran tidak dianggap memiliki yoni dan khodam tertentu. Perkutut Udan Mas asli lokal berasal dari alam liar. Dan menurut para ahli katuranggan, burung asli perkutut Udan Mas lokal alam akan datang sendiri pada pemiliknya. Secara gaib, burung ini akan memilih sendiri siapa yang akan menjadi tuannya.

Mendapatkan burung perkutut Udan Mas tidak bisa dipaksakan. Menurut para ahli, mendapatkan perkututu Udan Mas dengan paksaan dengan cara yang tidak baik bisa membuat yoni dan tuah nya tidak berfungsi. Bahkan bisa jadi perkutut Udan Mas akan pergi menghilang dengan sendirinya jika merasa tidak cocok dengan pemiliknya.

Jika ingin membeli perkutut Udan Mas asli lokal alam, maka Anda harus didampingi ahlinya jika Anda masih awam. Karena saat ini ada banyak sekali beredar di pasaran perkutut Udan Mas palsu. Harga Perkutut Udan Mas asli lokal alam biasanya juga lebih mahal. Jadi kalau ada yang menjaual dengan harga murah perlu dipertanyakan.

Atau jika ada yang jual Perkutut Udan Mas sebenarnya juga perlu dipertanyakan. Karena kenapa dijual kalau bisa mendatangkan rejeki. Namun untuk mitos perkutut Udan Mas asli lokal alam tergantung pada kepercayaan masing-masing. Apakah Anda punya burung pekutut Udan Mas seperti ini, atau burung perkutut bertuah lainnya, yuk berbagi di kolom komentar.

4 komentar untuk "Ciri Perkutut Udan Mas Asli dan Mitosnya"

  1. Yang berminat dgn Udan Mas Alam, monggo kontak WA saya di 0856-1630-536. Hanya yang berjodoh saja yang mendapatkannya. Karena jika tidak berjodoh akan langsung terlihat kok.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Berhati-hati lah dalam memahami udan mas dan pancuranmas

    1. Udan mas tepatnya isyarat simbolis menyampaikan warna coklat ke emasan dimana artinya sang empunya adalah bekas keturunan orang kaya atau memang dia orang yang mulia.

    Udan mas itu berbagai faktor Ciri
    1a. Coklat ke emasan dimana memang ada ciri dia ketika di tatap misalndi ombyokan dia akan segera menjauh berjalan. Mencari tempat

    1b. Tipe bulu bisa keemasan sampai bulu ekor dan sisi bawah sayap.

    1c. Pada pangkal buritan ekor perbatasan ekor dan badan warnanya memantulkan emas ketika dilihat di matahari ☀️


    2. Sedangkan pancuranmas ialah memantulkan kekayaan dilihat dari sayap atas ujung berwarna keemasan dan dibalik pun berewrna coklat ke emasan bukan artinya harus berwarna kuning ke emasan

    Sedangkan kuning keemasan ialah tepat mendekati katuranggan cream atau Mega mendung
    Dan apabila membelah dari tenggorokan sampe perut tengah di akibatkan. Karena perjalanan waktu sang burung belajar 🐦 manggung dan belahan paru-paru nya memperkuat diagframanya sehingga ototnya membelah. Dan tipe ini manggung pendek

    Sedangkan belahan dari ekor ke perut atau diagframa usus akan bersuara besar karena tenaga usus perutnya di pergunakan

    Jadi makna mulia kalimat mas dimaksud ialah

    A. Sang pemilik adalah pernah hidup enak atau saat ini dia sangat berkecukupan dalam mencari materi
    B. Warna coklat keemasan artinya sang pemilik di muliakan dalam pergaulan

    BalasHapus
  4. Semua yg di kupas tampilan bulu, mata, kaki
    Tak ada yg bahas kotoran nya
    Kotoran udan mas berwarna cokelat berbentuk melingkar, dan tengah atas nya cenderung kuning ke emas an

    BalasHapus