Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Lengkap dan Asal Muasal Perkutut Bangkok

Sejarah Lengkap dan Asal Muasal Perkutut Bangkok - Jamak kita jumpai di dunia kung mania ada dua jenis burung perkutut, perkutut bangkok dan perkutut lokal. Dari ke dua jenis perkutut ini memiliki cri fisk yang berbeda. Secara sederhana, khalayak umum mengartikan bahwa perkutut bangkok adalah perkutut yang berasal dari Bangkok Thailand. Sedangkan perkutut lokal adalah perkutut asli dari hutan Indonesia.

Sejarah Lengkap dan Asal Muasal Perkutut Bangkok
Sejarah Lengkap dan Asal Muasal Perkutut Bangkok

Perkutut Bangkok sendiri sejak kedatangannya silam cukup menarik para kung mania. Banyak sekali kung mania berburu perkutut bangkok di beberapa penangkaran untuk dikoleksi dan dinikmati anggungannya. Perkutut Bangkok yang di Muangthai sebenarnya juga berasal dari Jawa. Perhatikan ulasan Sejarah Lengkap dan Asal Perkutut Bangkok di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Perkutut Bangkok Berasal dari Jawa

Menurut beberapa ahli perkutut, sebenarnya perkutut Bangkok berasal dari Jawa juga. Karena di Muangthai di hutan liar nya tidak ada habitat perkutut. Perkutut yang dipelihara orang Muangthai pada awalnya adalah perkutut dari Jawa. Burung perkutut sendiri di Muangthai disebut nukhao chewah yang artinya adalah burung Jawa.

Lalu kenapa kok sampai bisa perkutut Jawa bermigrasi atau sampai ke Muangthai? Menurut Purbasasmita dari Jogja, awal mula perkutut Jawa sampai ke Thailand adalah dibawa oleh para pekerja Romusha dari Jawa. Pada sekitar tahun 1942-1945 burung perkutut Jawa dibawa pekerja romusha ke Thailand melalui tentara Jepang. Tujuannya adalah mendengarkan anggungan perkutut untuk menentramkan hati.

Ternyata di Mangthai banyak warga asli yang juga sangat senang dengan burung perkutut itu. Nah dari sini kemudian sekitar tahun 1950an para penggemar perkutut di Muangthai mencoba menernak. Bahkan mereka, para pecinta perkutut dari Muangthai ini berani membeli perkutut dengan kualitas istimewa dari Jawa dengan harga selangit. Dan ternyata ini berhasil, daerah yang populer sebagai peternakan perkutut adalah Channa, sekitar 400 km sebelah selatan kota Bangkok.

Jika dilihat dari perjalanannya, maka tak heran jika ada beberapa ahli perkutut yang menyebut bahwa sebenarnya tidak ada istilah Perkutut Bangkok karena pada dasarnya semua berasal dari Jawa. Namun memang jika dilihat dari ciri nya, ada perbedaan perkutut lokal dan perkutut bangkok.

Perkutut Bangkok sebagai Klangenan

Perkutut Bangkok semakin hari ternyata semakin diminati oleh pecinta perkutut Nusantara. Yang paling menjadi daya tarik dari perkutut Bangkok adalah suara nya yang lebih besar, ngebas dan irama yang didengar lebih enak. Namun demikian, untuk perkutut lokal juga masih memiliki segmen pecintanya yang tidak bisa digeser. Untuk perkutut lokal biasanya selain anggungan yang paling diminati adalah katuranggannya. 

Ada banyak sekali katuranggan perkutut dan biasanya juga akan membawa pamor, mistis dan yoni nya sendiri-sendiri, baca : Jenis Perkutut dan Katuranggannya.

Kembali ke perkutut Bangkok, perkembangan peminat yang semakin hari semakin tinggi, maka di Indonesia semakin menjamur pula peternakan perkutut Bangkok. Ciri utama yang bisa dilihat dengan mudah adalah adanya ring di kaki sebagai penanda trah atau keturunan yang jelas. Untuk lebih jelas mengenai beda perkutut lokal dan bangkok, baca Perbedaan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok. Bahkan saat ini juga sudah sangat ramai perlombaan atau kontes perkutt bangkok untuk mendapatkan juara yang berkualitas. 

Posting Komentar untuk "Sejarah Lengkap dan Asal Muasal Perkutut Bangkok"