Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Burung Perkutut Stres yang Efektif

Cara Mengatasi Burung Perkutut Stres yang Efektif - Memiliki burung perkutut yang sehat dan rajin manggung memang sebuah kesenangan tersendiri. Namun terkadang yang menjadi soal adalah ketika perkutut mengalami stres. Bagaimana kita tahu kalau perkutut kita stres, biasanya ada banyak pertanda yang bisa terlihat kasat mata ketika perkutut stres.

 

Cara Mengatasi Burung Perkutut Stres
Cara Mengatasi Burung Perkutut Stres

Sebelum perkututpedia.com sampaikan cara mengatasi perkutut stres, coba baca dulu Ciri-Ciri Perkutut Stres untuk mengetahui gejala atau tanda-tanda perkutut Anda sedang stres. Perkutut yang sedang stres ini biasanya disebabkan oleh banyak hal, bisa dari pakan, suasana dan lain-lain. (Baca : Penyebab Perkutut Stres).

Oke, setelah memahami ciri perkutut stres dan penyebabnya, sekarang di bawah ini kami sampaikan cara mengatasi perkutut stres yang cepat dan akurat.

Cara Mengatasi Perkutut Stres

1. Bersihkan Kandang Perkutut Secara Rutin

Mungkin ini hal sepele, namun jangan sampai terlupakan. Karena salah satu penyebab perkutut stres adalah kandang yang kotor dan tidak pernah dibersihkan. Maka ada baiknya jika Anda menjadwalkan secara rutin untuk membersihkan kandang perkutut. (Baca : Cara Membersihkan Sangkar Perkutut yang Baik)

Biasanya perkutut yang stres adalah penghuni baru. Nah, Anda harus mempersiapkan kandang untuk perkutut penghuni baru ini senyaman mungkin. Atau bisa dibuat semirip mungkin dengan kandang lamanya. Kalau hasil ngombyok, perkutut bisa Anda taruh di tempat atau kandang yang besar dulu.

2. Mandikan Perkutut Pelan-pelan

Anda bisa memandikan dulu perkutut Anda. Untuk memandikan perkutut ini gunanya adalah membuat perkutut lebih nyaman dan fresh. Selain itu juga bisa untuk lebih mendekatkan perkutut dengan ndoro nya. Untuk memandikan perkutut, ada beberapa kung mania yang menyarankan untuk memandikan perkutut pada malam hari, (Baca : Manfaat Memandikan Perkutut di Malam Hari).

Ketika memandikan perkutut, Anda bisa juga sembari memberikan pijatan yang pelan-pelan. Ini untuk sekedar melemaskan otot-otot perkutut yang kaku.

3. Berikan Makan dan Minum yang Cukup

Jangan sampai lupa, sediakan pakan dan minum yang cukup. Untuk makanan, bisa Anda sesuaikan dengan pakan perkutut yang biasa ia makan. Jika diberikan Jewawut ya berikan jewawut, jika milet ya milet jangan dirubah. Untuk pakan perkutut sendiri sebenarnya ada banyak sekali alternatifnya. Bisa Anda baca di Jenis Makanan Perkutut yang Bagus.

4. Berikan Vitamin

Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin untuk menunjang kebugarannya. Ada banyak vitamin burung perkutut yang beredar dan bisa Anda dapatkan di toko pakan burung.

5. Lokasi dan Suasana yang Tenang

Untuk mengurangi tingkat stres perkutut, Anda bisa menempatkan perkutut di tempat yang tenang. Misalnya jauhkan dari keramaian manusia. Atau bisa juga dijauhkan dari keramaian binatang lain. Karena tidak menututp kemungkinan penyebab perkutut stres ini dikarenakan suasana baru yang terlalu ramai. Jadi untuk awal-awal sebisa mungkin kondisikan perkutut di lokasi yang tenang dan nyaman.

6. Tempatkan di Kandang Umbaran

Menempatkan perkutut di kandang umbaran juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi perkutut stres. Dengan menempatkan perkutut di kandang umbaran, maka perkutut bisa bebas bergerak sesuka hatinya sembari perlahan-lahan mengenali lingkungan barunya. Amati perkemangannya, jika dirasa sudah cukup nyaman dan perkutut sudah kenal dengan lingkungan baru, Anda bisa memindahkan perkutut ke sangkar ang sudah disiapkan.

Nah, ndoro semua, itulah beberapa tips dan cara mengatasi perkutut yang stres. Intinya adalah jika perkutut stres, lihat dulu kemungkinan apa penyebabnya. Jika sudah tahu penyebab perkutut stres, maka ndoro akan mudah untuk memberikan tritmen pada perkutut ndoro agar tidak stres.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Burung Perkutut Stres yang Efektif"