Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Satrio Pinayungan

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Satrio Pinayungan - Perkutut katuranggan seakan menjadi trend yang booming di tengah kalangan milenial. Perkutut gaib, perkutut bertuah, perkutut berkhodam juga menjadi daya tarik bagi para muda. Ciri-ciri perkutut bertuah dan ciri-ciri perkutut berkhodam semakin banyak dicari-cari informasinya.

 

Mitos Perkutut Katuranggan Satrio Pinayungan
Mitos Perkutut Katuranggan Satrio Pinayungan

Untuk perkutut katuranggan, ada banyak sekali jenisnya yang menjadi daya tarik bagi kung mania. Ada perkutut Udan Mas, perkutut Cemani Kul Buntet, dan lainnya. Untuk kali ini yang akan kita bahas adalah perkutut katuranggan Satrio Pinayungan. Menurut para ahli perkutut, perkutut Satrio Pinayungan ini termasuk perkutut legenda. Banyak yang mencari tuah Perkutut Satrio Pinayungan. Mitos Perkutut Satrio Pinayungan juga cukup banyak dibicarakan kung mania.

Ciri-Ciri Perkutut Satrio Pinayungan

Ciri mathi perkutut Satrio Pinayungan ini sangat mudah dikenali yaitu adanya sehelai bulu putih pada tengah kepala nya. Tidak ada ciri yang lain, bulu putih akan tetap tumbuh meski dicabut atau mabung. Cukup mudah mengenali ciri perkutut Satrio Pinayungan bagi para pemula.

Namun perlu juga diperhatikan bahwa ada beberapa oknum penjual yang  memalsukan Satrio Pinayungan. Karena perkutut Satrio Pinayungan termasuk perkutut langka, apalagi Satrio Pinayungan yang asli lokal alam, agak sulit mendapatkannya.

Harga Perkutut Satrio Pinayungan di pasaran perkutut termasuk tidak begitu mahal. Masih standar dan layak, tidak seperti harga perkutut Songgo Ratu yang cukup mahal. Namun demikian harga perkutut katuranggan ini sebenarna tidak ada ukurannya, tinggal kesepakatan pembeli dan penjual. Yang membuat harga perkutut katuranggan mahal adalah karena tingkat kesukaan dari pembeli itu sendiri.

Baca juga :

Mitos dan Tuah Perkutut Satrio Pinayungan

Secara harfiah, Satrio Pinayungan bisa diartikan sebagai seorang ksatria yang selalu dipayungi atau dilindungi. Atau bisa juga ksatria yang selalu mendapatkan perlindungan dari Tuhan. Perkutut Satrio Pinayungan termasuk perkutut yang dianggap memiliki tuah baik sehingga bagus untuk dipelihara.

Menurut yang mempercayainya, mitos perkutut Satrio Pinayungan memiliki tuah sebagai keselamatan dan perlindungan. Ada beberapa orang yang menganggap juga tuah perkutut Satrio Pinayungan bisa mengangkat derajat atau pangkat dan kedudukan pemeliharanya.

Pemaknaan filosofi perkutut Satrio Pinayungan bisa berbeda-beda. Hal ini terjadi karena biasanya tafsiran di dasarkan pada  buku pakem/ Primbon, Kitab salafiyah, dan bahkan langsung dari guru/sesepuh. Namun pada umumnya perbedaan tidak terlalu mencolok.

Harga perkutut Satrio Pinayungan cukup bervariasi, biasanya di masing-masing daerah berbeda-beda. Atau bisa juga tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Itulah ciri dan pamor Perkutut Katuranggan Satrio Pinayungan yang bisa kami sampaikan. Anda boleh percaya atau tidak, itu terserah penjenengan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam ulasan di atas. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar untuk saling melengkapi, karena admin masih pemula dan masih belajar. Yang terpenting adalah bahwa semuanya di dunia ini terjadi atas kehendakNya. WallohuA'lam.

1 komentar untuk "Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Satrio Pinayungan"

  1. Jika bulu putihnya berada di kepala agak belakang apakah bsa masuk jenis katuranggan pinayungan...?

    BalasHapus