Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Kantong Semar

Ciri Mathi Perkutut Kantong Semar dan Tuahnya - Perkutut Kantong Semar termasuk jenis perkutut yang langka dan unik. Perkutut ini termasuk perkutut yang baik untuk dipelihara.

 

Ciri Mathi Perkutut Kantong Semar
Ciri Mathi Perkutut Kantong Semar

Perkutut katuranggan kantung Semar termasuk perkutut katuranggan yang banyak diburu oleh para kolektor. Harga perkutut Kantong Semar ini bisa mahal jika memang benar-benar diminati. Tuah perkutut Kantung Semar ini juga bagus sehingga diminati banyak orang.

Ciri Mathi Perkutut Kantong Semar Lokal Alam Asli

Keunikan yang utama pada perkutut Kantong Semar adalah pada bentuk tubuhnya. Pada bagian tembolok atau perut perkutut Kantong Semar melembung atau menonjol melembung ke depan. Dari bentuk tembolok yang mirip dengan tokoh wayang Semar ini kemudian perkutut ini disebut sebagai Perkutut Katuranggan Kantong Semar.

Ciri fisik perkutut Kantong Semar yang lain adalah kaki dan jari-jari pendek. Cucuk atau paruh juga pendek dan biasanya tidak bisa menutup rapat atau dalam istilah jawa disebut nggembleh. Mata bulat seperti koin, kepala juga bulat, jika ada Kantong Semar yang kepalanya lonjong, itu belum dianggap Kantong Semar 100% atau tembus. Bentuk dada agak lebar dan tubuh tidak begitu panjang.

Baca juga :

Tuah Perkutut Kantong Semar

Semar sendiri di dalam cerita pewayangan merupakan tokoh yang bijak, dihormati para dewa meskipun fisiknya adalah seorang jelata. Semar juga seorang yang bijak dan arif, dan sering memberi nasehat kehidupan pada momongan-momongannya seperti para Pandawa.

Sehingga filosofi Perkutut Kantong Semar bisa dikatakan merupakan wadah atau tempat berbagai ilmu kehidupan dari Semar itu sendiri. Baik kesabaran, kebijaksanaan, kezuhudan dan berbagai ilmu yang lain. Sehingga diharapkan tentunya pemilik dari perkutut Kantong Semar ini bisa mencontoh hal baik dari Semar.

Sedangkan tuah perkutut Kantong Semar sendiri banyak yang menyebut bisa mendatangkan rejeki. Juga bisa menambah kewibawaan dan semakin dihormati dan disegani oleh orang lain. Yoni perkutut Kantong Semar ada yang menyebutkan bisa mengantongi setiap niat jahat dari orang lain sehingga tidak sampai pada pemilik perkutut. Namun sejatinya lebih dari itu, Kantong Semar itu merupakan sebuah simbol wadah pengetahuan kehidupan yang tak terbatas seperti halnya keilmuan Semar yang juga disebut Noyontoko.

Jika dihubungkan dengan filosofi Perkutut Kantong Semar, maka sejatinya untuk mendapatkan kehormatan dan disegani orang, tidak hanya dengan memelihara perkututnya saja. Melainkan juga harus senantiasa mencari ilmu tentang pengetahuan  hidup yang tidak terbatas, untuk bisa mencapai kehidupan yang berbudi luhur. Bahkan bukan saja dengan menuntut ilmu, lelaku tirakat juga sangat dibutuhkan.

Itulah ciri dan pamor Perkutut Katuranggan Kantong Semar yang bisa perkututpedia.com sampaikan. Anda boleh percaya atau tidak, itu terserah penjenengan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam ulasan di atas. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar untuk saling melengkapi, karena admin masih pemula dan masih belajar. Yang terpenting adalah bahwa semuanya di dunia ini terjadi atas kehendakNya. WallohuA'lam.

1 komentar untuk "Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Kantong Semar"

  1. Mengapa bisa terjadi perutnya gendut layaknya Semar. Faktor utama ialah makanan dan tempat tinggal nya

    1. Ketika dalam 1 tempat pakan diberikan bata merah dan atau kerikil maka. Usus burung tersebut bekerja dengan over menyebabkan turunya beberapa ususnya dan tampilan Semar

    2. Dalam hutan atau penangkaran biasanya sang pemilik pernah tak sengaja memberikan pakan mengandung protein tinggi seperti beras hitam berprotein dan berlemak seperti putih telur atau zat lemak atau biasanya sempat memakan sedikit daging yang tercampur dengan pakan

    3. Bawang merah yang lebih akan menyebabkan Perkutut dalam lambung nya menghasilkan gas bawang tersebut.

    4. Dan perkutut biasanya kuat menghadapi perubahan cuaca contohnya karena misal ginseng tak sengaja dalam pakan

    Dan perutnya me melar

    BalasHapus