Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Rajawana

Ciri Mathi Perkutut Rajawana (Rojowono) dan Tuahnya - Perkutut Rajawana termasuk salah satu perkutut yang memiliki keunikan. Lidah Jawa menyebutnya Perkutut Rojowono.


Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Rajawana

Dalam khazanah budaya Jawa, Perkutut Katuranggan Rojowono dianggap memiliki yoni, tuah dan filosofi yang dalam. Tak heran jika perkutut Rajawana ini banyak diminati penghobi perkutut untuk dipelihara. Harga perkutut Rajawana termasuk sedang, tidak begitu mahal dan tidak begitu murah. Harga perkutut Rojowono di pasaran kisaran 100.000-300.000.

Ciri Mathi Perkutut Raja Wana

Ciri mathi perkutut Raja Wana terletak pada kaki nya. Ciri utamanya adalah pada sisik kakinya, sisiknya mulai dari pergelangan kaki sampai lutut sisiknya terpisah-pisah atau memelah menyilang. Namun jika sisik yang terpisah hanya pada satu kaki belum disebut perkutut Rajawana, baru kalau ke dua kaki ada sisiknya yang terpisah bisa disebut Perkutut Raja Wana.

Perkutut Katuranggan Rojowono
Perkutut Katuranggan Rojowono

Berbicara mengenai sisik perkutut, perkutut yang bagus dipelihara adalah jika jumlah sisik ke dua kakinya apabila dihitung dengan ponco sudo perkutut dikurangi lima, sisanya adalah 3, 4 dan 5. Sisa 3 artinya Sabdo, sisa 4 Pandito dan sisa 5 Ratu.

Dari sisik perkutut ini sebenarnya bisa diketahui perkutut lokal katuranggan itu beryoni atau tidak, atau bagus dipelihara atau tidak. Insyaalloh nanti akan kami bahas pada postingan tersendiri mengenai sisik burung perkutut.

Ciri mathi perkutut Raja Wana ini hampir mirip dengan Ciri Mathi Perkutut Rajek Wesi. Namun sebenarnya jika diperhatikan lebih detail, maka akan tampak sekali perbedaan fisiknya. Tuah perkutut Raja Wana dianggap juga sebagai perkutut yang bagus dipelihara, artinya tidak memiliki efek negatif untuk pemiliknya.

Baca juga :

Tuah Perkutut Rojowono dan Mitosnya

Untuk tuah dan mitos perkutut Rojowono termasuk memiliki yoni yang banyak. Bagi yang mempercayainya, konon katanya perkutut Rojowono ini bisa membuat pemiliknya terhindar dari mara bahaya. Terutama mara bahaya dari unsur gaib seperti guna-guna, tenung dan santet. Selain bisa menghindarkan pemiliknya dari mara bahaya, perkutut Rojowono juga bisa untuk tuah kepemimpinan, kewibawaan dan membuat pemiliknya disegani dan dihormati banyak orang.

Filosofi perkutut Rojowono dilihat dari kata Rojo = Raja, dan Wono = Hutan, jadi bisa diartikan sebagai raja hutan. Kita tahu bahwa raja hutan adalah singa, dimana ia merupakan hewan yang disegani dan ditakuti hewan seisi hutan. Dari sini bisa ditarik benang merah bahwa pemilik Perkutut Rojowono bisa menjadi orang yang berwibawa dan disegani. Untuk yang cocok memelihara perkutut Rajawana adalah golongan pemimpin negara, kota, provinsi, ketua RT, pemimpin perusahaan.

Itulah ciri dan pamor Perkutut Katuranggan Rajawana yang bisa perkututpedia.com sampaikan. Anda boleh percaya atau tidak, itu terserah penjenengan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam ulasan di atas. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar untuk saling melengkapi, karena admin masih pemula dan masih belajar. Yang terpenting adalah bahwa semuanya di dunia ini terjadi atas kehendakNya. WallohuA'lam.

Posting Komentar untuk "Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Rajawana"