Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Mental Perkutut Lomba yang Efektif dan Efisien

Cara Melatih Mental Perkutut Lomba yang Efektif dan Efisien - Memelihara burung perkutut memang sediit berbeda dengan memelihara burung yang lain. Apalagi memelihara burung perkutut untuk lomba, ada tritmen khusus kuntuk memliharanya. Karena perkutut lomba, maka yang utama untuk diperhatikan adalah mentalnya karena akan diadu dengan perkutut lomba yang lainnya.

Cara Melatih Mental Perkutut
Cara Melatih Mental Perkutut 


Maka dari itu, jika Anda memelihara perkutut lomba, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting dalam memeliharanya. Selain kesehatan, mental yang perlu diperhatikan. Karena mental perkutut memang dan harus dilatih. Di bawah ini adalah bagaimana cara melatih mental perkutut lomba agar lebih kuat dan berani ketika berhadapan dengan perkutut lain.

1. Dihadapkan Banyak Orang

Selain menghadapi perkutut lain, biasanya perkutut di perlombaan akan dihadapkan dengan orang juga. Maka dari itu, perkutut Anda juga perlu sesekali dihadapkan pada orang asing atau orang lain. Ini bertujuan agar perkutut lomba terbiasa mengadapi orang asing ketika turun di gelanggang perlombaan. 

Setidaknya dua minggu sekali atau seminggu sekali usahakan ada orang asing untuk dipertemukan dengan perkutut lomba Anda. Ini akan sangat membantu membangun mental perkutut lomba Anda menjadi semakin berani.

2. Menempuh Perjalanan

Karena letak lokasi lomba perkutut biasanya memerlukan perjalanan, maka perkutut Anda pun juga sebaiknya dilatih untuk menempuh perjalanan. Untuk lokasi yang dekat mungkin tidak begitu perlu persiapan yang lama, namun utuk lokasi yang agak jauh, maka ini perlu dipersiapkan dengan baik.

Karena perkutut yang tidak terbiasa menempuh perjalanan jauh, bisa membuat perkutut stres. Dan jika perkutut stres, sudah tentu perkutut tidak akan bisa untuk lomba. Coba baca Ciri Perkutut Stres dan Cara Mengatasi Perkutut Stres untuk lebih jelasnya.

3. Menggantang Perkutut

Cara melatih mental perkutut selanjutnya adalah dengan menggantang perkutut. Menggantang perkutut bisa dilakukan setiap hari. Ada banyak sekali manfaat menggantang perkutut setiap hari, selain untuk kesehatan juga untuk melatih mental perkutut. Lalu bagaimana cara menggantang perkutut yang baik, baca pada Cara Menggantang Perkutut yang Benar.

4. Latihan Bersama Perkutut yang Lain

Ini juga sangat penting sekali untuk dilakukan. Latihan bersama perkutut yang ini semakin sering dilakukan akan semakin bagus dalam membentuk mental perkutut menjadi lebih berani. Dengan berlatih bersama maka kita akan bisa mengetahui kekurangan perkutut lomba kita. Dari sini tentu kita akan bisa memperbaiki keurangan tersebut.

Usahakan berlatih bersama dengan perkutut yang lebih senior. Ini bisa membantu memancing perkutut Anda untuk lebih sering manggung. Lakukan latihan bersama ini 2 minggu sekali atau sebulan sekali, maka akan sangat bagus untuk perkutut Anda.

5. Memberikan Vitamin dan Jamu

Jangan lupa berikan vitamin dan jamu untuk perkutut lomba Anda. Ada banyak sekali vitamin dan jamu untuk perkutut Anda. Vitamin dan jamu ini sebaiknya diberikan secara rutin bisa seminggu dua kali bisa seminggu sekali. Jangan memberikan vitamin perkutut dan jamu perkutut ketika mendekati lomba saja.

1 komentar untuk "Cara Melatih Mental Perkutut Lomba yang Efektif dan Efisien"