Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Mathi dan Mitos Perkutut Katuranggan Rajekwesi

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Rajekwesi - Perkutut Katuranggan Rajekwesi adalah perkutut yang banyak dicari para kung mania. Selain karena tuah perkutut Rajawana yang bagus, juga karena perkutut ini termasuk perkutut yang memiliki ciri mathi yang unik.

Mitos Perkutut Katuranggan Rajekwesi
Mitos Perkutut Katuranggan Rajekwesi


Ciri Mathi Perkutut Rajek Wesi ini sangat mirip dengan Ciri Mathi Perkutut Rojowono. Namun sebenarnya keduanya memiliki ciri spesifik yang berbeda. Perbedaan Perkutut Rajek Wesi dan Perkutut Rojo Wono ini bisa dilihat dari corak sisik perkutut yang berbeda. Harga Perkutut Rajek Wesi di pasaran juga hampir sama atau sekelas dengan Perkutut Rojo Wono.

Ciri Mathi Perkutut Rajek Wesi

Perkutut Rajek Wesi lokal alam termasuk perkutut yang populer di tengah masyarakat dan banyak dijumpai. Ciri mathi perkutut Rajek Wesi ini terletak pada sisik ke dua kakinya. Ciri khusus perkutut Rajek Wesi ini adalah sisik di kedua kakinya yang terbelah atau menyilang. Sisik menyilang tidak pada seluruh bagian kaki, hanya sebagian saja.

Namun tidak semua perkutut yang memiliki sisik belah pada kakinya adalah Perkutut Rajek Wesi. Karena yang masuk kriteria Perkutut Katuranggan Rajek Wesi adalah jika sisik pada kedua kaki sama dan warna kaki hitam dan agak mengkilap mirip besi. 

Jadi untuk sisik ini perlu sekali diperhatikan dengan seksama. Membaca sisik perkutut ini perlu perhatian yang sangat teliti. Kebanyakan memang bentuk dan jumlah sisik perkutut hampir sama. Jadi perlu pengalaman dan ilmu yang mumpni untuk bisa membaca jumlah sisik burung perkutut dengan benar dan tepat. 

Mitos dan Tuah Perkutut Rajek Wesi

Yoni dan pamor Perkutut Rajek Wesi ini juga populer diakui banyak pecinta perkutut. Jika dilihat dari namanya yaitu Rajek Wesi, Rajek artinya pagar, Besi artinya besi sehingga bisa dikatakan artinya adalah Pagar Besi. 

Dilihat dari namanya, yoni dan Filosofi Perkutut Rajek Wesi memiliki khasiat untuk sarana pagaran diri, penjagaan diri dan perlindungan. Selain itu, pemilik perkutut ini diharapkan bisa memiliki iman dan keyakinan yang kuat di dalam hati. Sehingga dengan pegangan iman itu diharapkan bisa mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah ciri dan pamor Perkutut Katuranggan Rajek Wesi yang bisa perkututpedia.com sampaikan. Anda boleh percaya atau tidak, itu terserah penjenengan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam ulasan di atas. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar untuk saling melengkapi, karena admin masih pemula dan masih belajar. Yang terpenting adalah bahwa semuanya di dunia ini terjadi atas kehendakNya. WallohuA'lam.

1 komentar untuk "Ciri Mathi dan Mitos Perkutut Katuranggan Rajekwesi"

  1. Terimakasih ulasannya , buat nambah wawasan saya untuk jenis burung perkutut intinya sangat bermanfaat

    BalasHapus