Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuah dan Mitos Perkutut Katuranggan Sri Mangempel

Ciri Mathi Perkutut Sri Mangempel - Ada banyak jenis perkutut katuranggan yang bisa atau yang baik dipelihara. Karena menurut orang tua jaman dulu, ada beberapa jenis perkutut yang tidak bagus dipelihara. Nah, salah satu perkutut katuranggan yang bagus dpelihara adalah katuranggan Sri Mangempel atau Sri Mangepel atau beberapa orang menyebutnya perkutut Sri Mangumpel.

 

Tuah dan Mitos Perkutut Katuranggan Sri Mangempel
Perkutut Katuranggan Sri Mangempel

Tuah perkutut Sri Mangempel ini dianggap cukup bagus dan  memiliki energi positif sehingga bagus untuk dipelihara. Perkutut Sri Mangepel ini termasuk perkutut yang cukup langka dan agak sulit ditemukan. Filosofi perkutut Sri Mangempel ini cukup dalam sehingga termasuk perkutut yang cukup banyak diburu para kung mania. Jenis perkutut sri ini banyak dan bagus dipelihara seperti Perkutut Sri Tumpuk, Perkutut Sri Lumbung dan beberapa jenis lainnya.

Ciri Ciri Perkutut Katuranggan Sri Mangempel

Ciri utama perkutut Sri Mangepel ini adalah kuku-kuku pada jari-jari kakinya berwarna putih semua jempol dan di semua jari jarinya. Jika salah satu jarinya ada warna kuku yang berbeda sudah tidak bisa dinamakan katuranggan sri mangempel.

Tuah dan Yoni Perkutut Sri Mangumpel

Perkutut Sri Mangepel memiliki tuah dan yoni yang bagus untuk pemiliknya. Jika dilihat dari namanya, Sri ini berasal dari nama Dewi Sri yang merupakan nama Dewi padi atau Dewi kemakmuran di khazanah tradisi masyarakat Jawa kuno. Dewi padi ini karena berhubungan dengan beras/gabah maka Dewi Sri selalu dihubungkan dengan kemakmuran dan kelimpahan. Dari sini kemudian banyak orang mengakui bahwa perkutut Sri Mangumpel ini memiliki yoni sebagai perkutut yang dapat membawa kesuburan dan kemakmuran.

Sedangkan filosofi dari kata Mangumpel atau Mangepel adalah dari segi bahasa Mangepel adalah menggenggam. Jadi arti filosofi perkutut Sri Mangepel jika disatukan adalah menggenggam kemakmuran. Perkutut Sri Mangumpel bisa dipelihara siapa saja, bukan termasuk perkutut yang pemilih. Namun biasanya perkutut Sri Mangepel dianggap sangat cocok dipelihar oleh para petani atau orang yang berkecimpung di dunia pertanian. Karena tuah Perkutut Sri Mangepel dianggap bisa membawa kesuburan sehingga hasil panen menjadi melimpah ruah.

Harga Perkutut Sri Mangumpel ini tidak termasuk perkutut yang mahal. Harga Perkutut Sri Mangumpel bisa mahal jika ada yang sangat membutuhkan. Dan harga perkutut biasanya tergantung juga kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Itulah ciri dan pamor Perkutut Sri Mangumpel yang bisa perkututpedia.com sampaikan. Anda boleh percaya atau tidak, itu terserah penjenengan. Untuk pamor atau yoni juga tergantung keyakinan masing-masing, ada yang masih percaya namun ada juga yang sudah meninggalkan keyakinan tersebut.

Terpenting adalah kita percaya dan yakin bahwa semuanya adalah titah dari Yang Maha Kuasa dan bahwa semuanya di dunia ini terjadi atas kehendakNya. WallohuA'lam. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam memberikan ulasan Perkutut Sri Mangepel di atas. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar untuk saling melengkapi, karena admin masih pemula dan masih belajar.

Posting Komentar untuk "Tuah dan Mitos Perkutut Katuranggan Sri Mangempel"