Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuah dan Mitos Perkutut Katuranggan Blorok Madu

Ciri Mathi Perkutut Katuranggan Blorok Madu - Jenis perkutut katuranggan ini ada banyak sekali dengan kehasan ciri mathi maupun yoni atau tuah yang menyertainya. Perkutut katuranggan ini menurut beberapa yang percaya, ada perkutut yang baik dipelihara ada juga perkutut yang tidak baik dipelihara. Nah, salah satu perkutut yang baik dipelihara adalah perkutut katuranggan blorok madu.

 

Perkutut Katuranggan Blorok Madu
Perkutut Katuranggan Blorok Madu

Perkutut katuranggan blorok sendiri juga ada banyak, tidak hanya satu. Ada perkutut blorok madu, ada perkutut blorok sono ada perkutut blorok kembang dan perkutut blorok lainnya. Insyaalloh akan kami bahas di lain waktu khusus untuk jenis perkutut blorok lainnya. Kali ini, kita akan fokus pada perkutut katuranggan blorok madu. Kita akan jelaskan bagaimana ciri mathi perkutut blorok madu, tuah perkutut blorok madu dan harga di pasarannya sekalian.

Ciri Mathi Perkutut Blorok Madu

Ciri mathi perkutut blorok ini cukup mudah dikenali karena memang terlihat langsung oleh mata. Untuk ciri mathi perkutut blorok madu adalah perkutut yang memiliki warna berbeda pada bulunya. Warnanya selang seling antara warna asli perkutut dan warna seperti madu. Warna selang seling pada bulu sayap atas, punggung, maupun leher.

Biasanya yang paling terlihat ada pada bulu kecil di sayap atas dan bagian punggung. Jika perkutut blorok madu asli maka warna ini tidak akan hilang setelah proses mabung maupun misalnya bulu terlepas atau tercabut. Namun perlu waspada juga karena di pasaran ada juga perkutut blorok madu palsu, biasanya burung blorok madu palsu ini disemir sejak masih muda, dan warna bulunya akan hilang setelah proses mabung.

Untuk blorok madu peliharaan, kadang ada kalanya warna selang seling ini belum muncul pada saat perkutut masih muda. Namun kemudian setelah dipelihara beberapa waktu, perkutut akan menampakkan ciri mathi blorok madu dengan warna selang seling mirip warna madu hampir menyerupai warna perkutut udan mas.

Yang mirip dengan perkutut blorok madu lagi adalah perkutut blorok sono. Untuk perkutut blorok sono ini warna madu nya agak lebih cerah keputih-putihan. Untuk penamaan blorok madu sendiri, masing-masing daerah biasanya tidak sama, memiliki nama sendiri-sendiri.

Tuah dan Perkutut Blorok Madu

Perkutut Blorok Madu termasuk salah satu perkutut yang bagus dipelihara artinya memiliki tuah dan yoni yang positif. Perkutut ini bagus dipelihara oleh siapa saja. Perkutut Blorok Madu memiliki tuah bisa membuat rumah adem, ayem dan tentram. Selain membuat rumah jadi adem, konon kabarnya perkutut ini juga bagus untuk kerejekian. Wallahu A'lam.

Untuk harga perkutut blorok madu, biasanya kisaran 200.000 - 500. 000. Namun perlu diketahui bahwa harga perkutut katuranggan ini biasanya memiliki standar sendiri dan berbeda-beda tergantung kesepakatan penjual dan pembeli. Jika pembeli sedang benar-benar mencari burung katuranggan tertentu, biasanya mereka berani membayar harga yang lebih mahal. Namun bisa juga justru malah diberikan cuma-cuma oleh pemiliknya jika ada orang yang benar-benar membutuhkan, untuk obat misalnya.

2 komentar untuk "Tuah dan Mitos Perkutut Katuranggan Blorok Madu"

  1. Mudah-mudahan suatu saat mendapatkan blorok madu...sekarang punyanya banyu Mili 2 ekor dan diantara 2 ekor tsbt ada talang mas nya, 1 ekor baru dpt jg talang mas...3 ekor lain nya belum tahu apakah katuranggan atau bukan karena belum tahu ciri mathi nya

    BalasHapus
  2. Klo tuah blorok sono itu apa mas? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus