Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Perkutut Agar Cepat Bertelur

Cara Budidaya Perkutut Agar Cepat Berhasil - Burung perkutut memang belakangan ini mulai banyak penggemarnya. Banyak para muda yang mulai belajar bagaina cara beternak perkutut yang baik dan benar agar cepat bertelur. Jenis perkutut sendiri secara garis besar ada tiga jenis.

Cara Beternak Perkutut
Cara Beternak Perkutut

Jenis perkutut pertama adalah perkutut lokal, kemudian perkutut bagkok dan ada juga perkutut silangan antara bangkok dan lokal. Cara beternak perkutut lokal dan cara beternak perkutut bangkok sebenarnya secara umum hampir tidak ada bedanya. Di bawah ini akan kami sampaikan bagaimana cara budidaya perkutut agar cepat bertelur dan berkembang.

Cara Beternak Perkutut Bangkok yang Efektif

1. Pemilihan Indukan yang Bagus

Jika Anda ingin budidaya perkutut, maka pemilihan indukan yang bagus dan berkualitas mutlak Anda perlukan. Idealnya usia yang bagus untuk indukan perkutut adalah berusia 6-7 bulan. Tapi ada beberapa ahli yang menyebutkan usia lebih baik adalah 4 bulan dengan maksud memudahkan dalam penjodohan.

Kriteria indukan yang bagus adalah tentu yang bagus suaranya. Baik suara depan, tengah maupun suara akhir. Irama suara, ketukan juga harus yang bagus, bahkan beberapa orang juga memilih katuranggan yang bagus dipelihara. Biasanya kung mania akan memilih perkutut juara untuk dijadikan indukan, atau setidaknya keturunan perkutut juara.

2. Persiapkan Kandang Penangkaran

Setelah memilih indukan Anda perlu menyiapkan kandang untuk penangkaran. Kandang harus aman dan nyaman, terutama situasi lingkungan sekitar yang harus bersih dan nyaman. Untuk bahan kandang penangkaran, ada banyak bahan yang bisa Anda gunakan. Bahan yang umum digunakan adalah kawat ram.

Untuk ukuran luas kandang sangat bervariasai. Ukuran kandang yang sering digunakan adalah mulai dari 45-180 cm dan lebarnya 60cm, sedangkan panjang kandang 100-180 cm. Lantai biasanya tidak perlu dikeramik maupun dicor, cukup tanah biasa atau bisa juga dengan pasir.

3. Proses Penjodohan Perkutut

Setelah siap semuanya maka selanjutnya adalah proses penjodohan perkutut. Indukan yang sudah Anda pilih tadi langsung masukkan ke kandang penangkaran. Waktu yang bagus untuk memasukkan indukan adalah pada sore hari saat perkutut mendekati waktu tidur.

Tips beternak perkutut yang perlu Anda ketahui saat proses penjodohan ini adalah siapkan makanan perkutut berupa kacang hijau rebus dan minyak ikan. Dan jangan lupa tubuh perkutut agak dibasahi.

Awal penjodohan ini adalah waktu yang riskan dan perlu perhatian ekstra. Anda perlu memperhatikan dengan seksama prilaku kedua indukan. Jika terlihat belum rukun dalam beberapa waktu maka perlu dipisah dan diambil pejantannya. Namun jika terlihat sudah akur dan rukun mesra, maka kita tinggal menunggu saja mereka kawin dan bertelur.

4. Pemberian Pakan dan Minum yang Berkualitas

Penunjang selanjutnya adalah pemberian pakan perkutut yang berkwalitas. Pemilian pakan perkutut yang tepat dan berkwalitas sangat berperan dalam menjaga kesehatan perkutut. Dan tentunya akan sangat bagus untuk mempercepat proses bertelur nya perkutut. Untuk bisa mendapatkan telur yang bagus, pakan perkutut yang bisa dikonsumsi adalah jenis biji-bijian yang mengandung protein tinggi dan tinggi kalsium.

Ada banyak sebenarnya pakan perkutut yang bagus dan sangat mendukung proses penjodohan perkutut. Daftar pakan perkutut yang bagus bisa Anda baca di Pakan Perkutut Terbaik dan Harganya.

5. Pemberian Vitamin/ Mtivitamin Agar Cepat Bertelur

Untuk menunjang pakan perkutut agar perkutut tetap sehat, maka asupan vitamin perkutut sangat diperlukan. Bukan saja vitamin, ultivitamin juga perlu diberikan pada perkutut. Vitamin perkutut berfungsi sebagai penambah nutrisi untuk perkutut. Jenis vtamin perkutut sendiri ada banyak sekali, mulai vitamin perkutut pabrikan dengan berbagai merek maupn vitamin buatan sendiri dari bahan alami. Di postingan lain insyalloh nanti akan kami sampaikan daftar vitain perkutut yang bagus.

6. Pemberian Jamu Perkutut

Sama dengan vitamin perkutut, jamu juga sangat dibutuhkan untuk perkutut yang sedang dipasangkan. Jamu perkutut tradisional bisa Anda buat sendiri. Atau jika Anda tidak ad waktu, Anda bisa memesan jamu perkutut tradisional pada kung mania lain. Atau Anda juga bisa memesan jamu perkutut tradsional pada kami melalui no WA 085 755 586 000.

7. Pemeliharaan Anakan/ Piyik Perkutut

Setelah perkutut bertelur dan kemudian menetas, maka selanjutnya adalah bagaiman cara memelihara anakan perkutut atau piyikan perkutut. Untuk awal, biarkan saja tetasan perkutut tersebut biar bersama induknya selama sekitar 7-9 hari. Dalam rentang sampai kurang lebih 1 sampai 2 bulan biar bersama nduknya dulu baru kemudian setelah 2 bulan piyik perkutut disapih atau dipisah dari induknya.

Biasanya pada usia 2,5 bulan perkutut piyik ini akan mengalami bulu rontok berganti bulu dewasa, Anda bisa memindahkan burung pada kandang umbaran. Kandang umbaran ini biasanya berukuran 100x200x300 cm. Dan jangan lupa sebelum perkutut piyik diumbar, berikan dulu obat cacing dan minyak ikan. Umumnya, selesai pergantian bulu pada perkutut ini pada usia 3 sampai 3,5 bulan. Pada masa itu biasanya anggungan sudah mulai nampak. Anda bisa memindahkan ke kandang harian dan kemudian mulai melatih perkutut.

Baca juga : Cara Merawat Burung Perkutut Anakan Secara Intensif

Cara Beternak Perkutut Lokal Katuranggan

Cara beternak perkutut lokal dan cara beternak perkutut bangkok hampir sama. Namun untuk beternak perkutut lokal umumnya orang banyak yang mencari perkutut katuranggan. Maka dari itu, agar pemasaran lebih menjanjikan, maka jika Anda beternak perkutut lokal harus sedikit banyak paham mengenai katuranggan.

Jadi jika ada salah satu perkutut lokal Anda ada yang berkaturanggan, Anda bisa menjelaskan pada calon pembeli Anda mengenai katuranggan tersebut. Sehingga tentu saja selain anggungan Anda juga bisa menghargai perkutut lokal Anda lebih mahal karena ada katuranggannya.

Karena harga perkutut lokal selain dilihat dari anggungannya ada beberapa konsumen yang memperhatikan katuranggannya juga. Untuk harga perkutut bangkok biasanya didasarkan pada suara nya saja, karena ada yang menganggap bahwa perkutut bangkok tidak memiliki katuranggan.

Posting Komentar untuk "Cara Beternak Perkutut Agar Cepat Bertelur"