Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri - Ciri Perkutut Katuranggan Sabda Jati dan Pamornya

Ciri Katuranggan Perkutut Ekor 14 Sabda Jati dan Pamornya - Salam rahayu semuanya. Kali ini yang akan kita bahas adalah Ciri - Ciri Perkutut Ekor 14 dan Pamornya. Pamor Perkutut Katuranggan Sabda Jati atau sering disebut dengan Katuranggan Perkutut Ekor 14 ini ada banyak sekali seperti katuranggan-katuranggan perkutut yang lainnya. Seperti kita ketahui bersma bahwasannya ada banyk sekali jenis katuranggan perkutut ini. Salah satunya adalah katuranggan sabda jati atau ada yag menyebut katuranggan sabda jati ekor 14.

 

Ciri - Ciri Perkutut Katuranggan Sabda Jati dan Pamornya
Perkutut Sabdo Jati

Namun seperti biasanya, sebelum kami ulas mengenai pamor katuranggan sabda jati ekor 14, akan kami sampaikan terlebih dahulu ciri-ciri Perkutut Katuranggan Sabda Jati atau sedikit sejarah mengenai Perkutut Katuranggan Sabda Jati sebelum lebih dalam mengulas mengenai yoni Perkutut Katuranggan Sabda Jati atau pamornya. Tentu saja ini untuk lebih mudah bagi kita mengenali dan memahami Perkutut Katuranggan Sabda Jati itu sendiri.

Ekor 14 adalah perlambang penciptaan bangsa burung ini sendiri. Ekor 14 Sabdo Jati merupakan perlambang bahwa 1 satu adalah Esa atau Tuhan YME sebagai sang Pencipta. Sedangkan angka 4 adalah perlamang dari kehidupan dan kematian makhluk hidup yang mewakili unsur empat kiblat arah di Bhumi. Atau di dalam filosofi Jawa sering disebut papat kiblat limo pancer atau titik pusat.

Ciri Ciri Perkutut Katuranggan Sabda Jati

- Ekor nya berjumlah 14 helai

- Ekor berwarna putih bolak balik sama

Pamor Perkutut Katuranggan Sabdo Jati

Untuk pamor dari katuranggan Sabda Jati atau yoni daya linuwih dari katuranggan Sabda Jati ada banyak sekali. Tuah atau pamor dari Katuranggan Sabdo Jati ini secara khusus tidak ada yang berani mengulas lebih dalam. Karena sangat terkait erat haq dari sang Pencipta sendiri yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Jadi yang akan kami sampaikan di sini adalah tuah atau yoni secara umum saja. Insyaalloh nati jika kami mendapatkan info yang cukup akan kami update lagi.

Beberapa diantara pamor dari Katuranggan Sabda Jati adalah pemiliknya akan mendapat ketenangan batin dan mendapat ketenangan jiwa. Selain itu, pemilik juga akan mendapatkan pengetahuan ilmu sangkan paraning dumadi (asal usul dan tujuan hidup manusia). Sabdo jati sendiri memiliki arti ucapan yang benar tasirnya adalah ucapannya selalu benar tanpa direkayasa atau dibuat-buat.

Baca juga : 

Menurut beberapa ahli perkutut, katuranggan sabdo jati ini ada banyak penyebutan di masing-masing daerah yang tidak sama. Banyak yang menyebut bahwa Kauranggan Sabdo Jati ini merupakan kearifan lokal daerah nya sendiri-sendiri.

    Itulah ciri dan pamor Perkutut Katuranggan Sabdo Jati yang bisa kami sampaikan. Anda boleh percaya atau tidak, itu terserah penjenengan. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan dalam ulasan di atas. Jika ada kekurangan mohon dikoreksi di kolom komentar untuk saling melengkapi, karena admin masih pemula dan masih belajar. Yang terpenting adalah bahwa semuanya di dunia ini terjadi atas kehendakNya. WallohuA'lam.

    3 komentar untuk "Ciri - Ciri Perkutut Katuranggan Sabda Jati dan Pamornya"

    1. bukankah umumnya perkutut ekornya memang 14.

      BalasHapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      BalasHapus
    3. Yang punya ekor 14 tapi kok gak ada warna lain ya,,sedangkan ekor 14 yang lain ada ciri khusus ,apakah ini baik di peluhara

      BalasHapus