Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Perkutut Berkhodam dan Bertuah yang Perlu Anda Ketahui

Berbicara burung perkutut, sejatinya bukan membicarakan anggungan perkutut itu saja. Ada banyak hal yang membuat perkutut menarik, mulai dari katuranggan perkutut, perkutut berkhodam, perkutut punden, dan hal mistis lainnya.

Ciri Perkutut Berkhodam dan Bertuah
Ciri Perkutut Berkhodam dan Bertuah


Perkutut bertuah, perkutut gaib dan perkutut punden begitu kental hangat dibicarakan di kalangan peghobi burung perkutut. Masing-masing orang biasanya memiliki pengalaman berbeda dengan perkutut peliharaannya masing-masing. Karena memang sejak jaman dulu perkutut diyakini memiliki daya magis dan tuah bagi pemiliknya. Bahkan cerita-cerita mistis terkait perkutut ini sangan banyak beredar di tengah masyarakat, termasuk salah satunya adalah cerita mengenai Perkutut Berubah Jadi Ular.

Disebut dengan perkutut bertuah misalnya, ini dikarenakan si perkutut memang memiliki tuah yang biasanya bergantung pada katuranggan perkutut itu sendiri. Sedangkan disebut perkutut berkhodam, biasanya burung ini diyakini memiliki sosok gaib yang menunggunya. Nah, sosok gaib ini bisa berpengaruh positif maupun negatif.

Perkutut bertuah dan berkhodam ini ada yang beranggapan sama, namun ada yang beranggapan bahwa bertuah itu belum tentu berkhodam. Artinya meski perkutut tersebut memiliki tuah, namun perkutut tersebut belum tentu memiliki khodam atau penunggu tadi. Agak sulit memang mengetahui ciri perkutut berkhodam maupun ciri perkutut bertuah bagi orang biasa. Namun bagi orang-orang yang dikaruniai kelebihan, tentu sangat mudah mendeteksi bahwa perkutut tersebut memiliki khodam atau tidak. Namun demikian ada juga pendapat yang menyebutkan bahwa tidak ada orang yang bisa mendeteksi yoni perkutut, khodam perkutut dan bahkan tuah perkutut, sampai dia memliharanya dan merasakannya. Wallohu A'lam.

Karena memang agak sulit mengetahui ciri perkutut berkhodam dan ciri perkutut bertuah, di bawah ini perkututpedia akan sedikit menyampaikan ciri keduanya. Ciri ini kami dapatkan dari beberapa perbincangan teman kung mania baik di media sosial maupun dari pembicaraan langsung orang yang memelihara perkutut.

Ciri Perkutut Berkhodam

1. Pembawaan Perkutut Tenang

Menurut beberapa kung mania, biasanya pembawaan perkutut yang tenang ini bisa menjadi pertanda perkutut tersebut memiliki khodam. Tenang ini maksudnya tidak mudah gleberan, tidak gampang cemas meski pindah tempat.

Perkutut seperti ini juga tidak mudah stres. Perkutut ini begitu tenang menghadapi berbagai perubahan yang terjadi, baik tempat, suasana maupun pemiliknya. Nah, perkutut seperti ini dikatakan kemungkinan memiliki khodam cukup tinggi oleh banyak kung mania.

2. Sering Memberikan Isyarat pada Pemilik

Seringkali burung perkutut berkhodam ini biasanya memberikan isyarat pada pemiliknya jika akan ada kejadian yang luar biasa yang akan terjadi. Ini berdasar pada pengalaman beberpa pemilik perkutut. Sehingga  biasanya perkutut berkhodam ini hanya bisa dirasakan atau dilihat oleh pemiliknya sendiri. Isyarat dari perkutut ini bisa berupa apa saja, mulai dari tingkah yang berbeda dari biasanya, manggung di luar waktu dan lainnya.

Ada pengalaman kung mania menyebut bahwa suatu kali perkututnya berubah warna dari warna silver menjadi warna hitam, eh tidak lama kemudian si pemiliki terkena sakit struk. Beberapa hari kemudian, warna perkutut kembali seperti semula dan kemudian hilang keluar dari sangkar, eh tidak lama kemudian yang sakit struk ini pun sembuh sedia kala. Wallahu A'lam, tentu semua harus diserahkan dan dikembalikan pada Tuhan. Burung perkutut jika memang memiliki daya upaya itu semua perantara saja.

Baca juga : 9 Jenis Perkutut yang Tidak Boleh Dipelihara Menurut Mitos

3. Kebiasaan Manggung yang Berbeda

Ada yang menyebutkan lagi bahwa salah satu ciri perkutut berkhodam ini adalah dari cara manggungna yang berbeda dari perkutut yang lain. Cara manggungnya adalah burung ini jarang bunyi bahkan bisa dikatakan tidak pernah manggung, namun sekali manggung suaranya sangat keras sekali. Suaranya melebihi suara perkutut lain, seakan ia memanggil perkutut lain yang berada di tempat yang sangat jauh.

Cara Mengetahui Ciri Perkutut Bertuah

Ada beberapa ciri perkutut bertuah yang bisa dipelajari. Ya meskipun belum tentu 100 persen tepat, namun kebanyakan bisa dijadikan patokan awal. Jika Anda suka berburu perkutut bertuah di bawah ini beberapa ciri awal yang semoga bisa sedikit membantu Anda. Karena tuah perkutut itu ada banyak sekali macamnya, maka Anda harus memahami beberapa hal untuk mendapatkannya.

1. Pahami Ciri Mathi Katuranggan

Ini yang pertama harus Anda pelajari. Perdalam pengetahuan Anda mengenai katuranggan perkutut. Karena katuranggan perkutut itu ada banyak sekali, dan biasanya masing-masing katuranggan memiliki tuahnya sendiri yang berbeda-beda. Mempelajari ciri mathi katuranggan perkutut ini tidak bisa secara instan, perlu waktu yang cukup lama, nikmati saja. Jangan memaksakan diri untuk segera mengetahui banyak hal dari katuranggan, lebih baik pelan-pelan saja dan nikmati agar pengetahuan bisa meresap dan melekat di sanubari Anda.

Baca juga : Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus Dipelihara

2. Pelajari Asal Muasal Perkutut

Asal perkutut juga perlu dipelajari untuk mendapatkan perkutut bertuah yang sesuai selera. Ada banyak asal perkutut, bisa dari hutan, dari makam (perkutut punden), dari orang spesial atau bisa juga dari ombyokan. Semua asal muasal perkutut tersebut memungkinkan bisa menandakan perkutut itu memiliki tuah. Jadi Anda juga perlu menelusuri asal muasl perkutut jika Anda fokus atau concern nya ingin memelihara atau mendapatkan perkutut bertuah.

3. Sering Konsultasi dengan Senior

Ini tidak bisa tidak Anda lakukan, apalagi jika Anda masih sangat pemula. Anda sangat perlu dan wajib berkonsultasi pada senior, senior di sini bisa senior dalam hal dunia perkutut, atau orang yang dituakan secara spiritual. Jadi Anda ada yang membimbing dan menuntun dalam menyelami tuah burung perkutut. Kalau jaman dulu, hampir semua orang begitu memahami karakter perkutut katuranggan dan sangat menghormati keberadaannya. Maka tak heran jika orang-orang tua saat ini begitu fasih menceritakan baik itu perkutut bertuah maupun perkutut berkhodam.

Nah kawan semua, itulah sedikit informasi dari perkututpedia mengenai Ciri Perkutut Berkhodam dan Bertuah. Kami sangat berharap bagi teman-teman yang memiliki info lebih mengenai ciri perkutut bertuah maupun perkutut berkhodam, bisa berbagi di sini melalui komen di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Ciri Perkutut Berkhodam dan Bertuah yang Perlu Anda Ketahui"