Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkutut Manggung Malam Hari, Ini Maknanya

Perkutut Manggung Malam Hari, Ini Maknanya – Berbicara tentang burung perkutut, maka ada banyak sekali mitos dan mistis di sekelilingnya. Hal ini tidak bisa terhindarkan memang, karena sejak jaman dulu perkutut dianggap sebagai peliharaan yang istimewa. Raja raja jaman dahulu bahkan sudah memelihara perkutut dan memposisikannya sebagai peliharaan yang luhur.

Perkutut Manggung Malam Hari
Perkutut Manggung Malam Hari

Jika dahulu perkutut hanya boleh dipelihara kalangan bangsawan ningrat, kini masyarakat umum pun bisa memeliharanya. Bahkan dalam budaya Jawa kuno, dikatakan bahwa seorang belum dianggap lelaki sejati jika belum memiliki perkutut. Burung anggungan ini memang sangat kental dengan energi mistis dan gaib. 

Bagi pecinta perkutut, mungkin sudah mengetahui bahwa burung ini terkadang masuk sendiri ke rumah atau berbunyi di malam hari. Perkutut bunyi di malam hari memang sering terjadi dan itu biasanya memiliki arti atau makna tersendiri. Banyak sekali kung mania yang ahli mewedar arti burung perkutut bunyi di malam hari. Tidak perlu takut atau khawatir, dinikmati saja jika memang perkutut Anda juga sering bunyi di malam hari. 

Di bawah ini akan perkututpedia sampaikan arti perkutut bunyi di malam hari menurut berbagai sumber. Arti perkutut manggung di malam hari memang ada banyak sekali menurut para kung mania. Namun demikian hal ini bisa keliru juga bisa benar, karena masing-masing penikmat perkutut biasanya memiliki pengalaman yang berbeda-beda.

Arti Makna Perkutut Bunyi di Malam Hari

1. Mendeteksi Keberadaan Makhlus Halus

Banyak yang mempercayai apabila di malam hari  perkutut tiba-tiba mengeluarkan bunyi, artinya ia merasakan keberadaan makhluk halus. Baik makhluk halus tersebut lewat saja maupun berkomnikasi dengan perkutut. Karena banyak yang menganggap bahwa hewan memiliki kepekaan yang lebih dibanding manusia, terlebih lagi burung perkutut. 

Terkadang, ada pula perkutut yang berbunyi jam 23.00 atau jam 02.00 pagi. Burung ini seperti hendak memberi pesan bahwa di sekitarnya sedang ada sesuatu yang tidak biasa.Memang mitos perkutut seperti ini sudah sangat kental di kalangan masyarakat.

2. Datangnya Musibah atau Malapetaka

Sebagian orang mungkin sudah pernah mendengarnya dari cerita zaman dahulu. Dikatakan bahwa perkutut yang berbunyi di malam hari menandakan akan munculnya malapetaka atau musibah. Burung perkutut bunyi di malam hari di waktu-waktu yang tidak biasa, misalnya pukul 00.00 malam. 

Jika hal ini terjadi terus-menerus, sebaiknya pemiliknya waspada akan sesuatu yang menimpanya. Menurut mitos yang beredar, suara perkutut tersebut memprediksi akan terjadinya malapetaka.Wallohu A’lam.

3. Membawa Kesialan

Arti perkutut berbunyi di malam hari berikutnya adalah pertanda akan datangnya kesialan. Normalnya, burung ini akan manggung atau berbunyi di pagi, siang, dan sore hari. Sedangkan malam hari adalah waktu perkutut beristirahat. 

Namun, jika Anda mendengar burung ini bersuara di malam hari, maka sebaiknya waspada dan berhati-hati. Dipercaya hal ini merupakan tanda sial berupa ketentraman rumah tangga yang terganggu, kesulitan dalam pekerjaan, hingga kesulitan jodoh.

Menurut ahli kejawen, beberapa jenis katuranggan perkutut pembawa sial antara lain adalah perkutut buntel mayit, perkutut labuh geni, perkutut kelabang kepipit, dan lain-lain. Namun, hal ini bergantung pada karakter perkutut itu sendiri. Apabila ia sudah memilih pemiliknya, kesialan tersebut dipercaya tidak akan terjadi.

4. Pertanda Niat Jahat

Sebagian orang mempercayai bahwa perkutut bisa menjadi perisai atau pelindung bagi pemiliknya. Tak heran jika burung pengicau ini bisa dihargai fantastis. Namun, perkutut tersebut umumnya merupakan yang didapatkan dari alam liar atau tempat keramat. Jika burung hasil penangkaran, cukup jarang dipercaya sebagai pelindung. 

Perkutut dikatakan sebagai pelindung gaib agar pemiliknya terbebas dari niatan jahat seseorang, serangan gaib, santet, dan teluh. Apabila ada orang yang hendak mengirim ilmu hitam jahat pada pemiliknya, maka yang mati adalah burung perkututnya. Hal inilah yang membuat burung perkutut bisa celaka sampai mati karena berperan sebagai perisai bagi pemiliknya. 

5. Kehabisan Pakan dan Minuman

Bukan saja karena adanya hal mistis burung perkutut bunyi di malam hari. Perkutut manggung di malam hari bisa juga diarenakan perkutut kehabisan makanan atau minuman. Sama halnya dengan kita manusia, hewan pun juga bisa lapar dan haus. Kambing misalnya, biasanya dia akan berteriak meski di malam hari ketika merasa lapar ataupun haus. Jadi, setiap sore hari, pastikan persediaan makanan dan minuman perkutut tercukupi di malam hari.

6. Silau Lampu yang Terang

Ini pengalaman penulis sendiri, kadang perkutut sering berbunyi di malam hari karena cahaya lampu yang lupa dimatikan di malam hari. Burung perkutut biasanya akan sering bunyi di malam hari ketika cahaya terang. Dan akan diam ketika lampu dimatikan. Jadi jangan lupa juga mematikan lampu di malam hari, agar hemat energi, hehe.

Kesimpulannya, perkutut yang berbunyi di malam hari dipercaya sebagai tanda sesuatu akan terjadi pada pemliknya. Bisa juga sebagai pertanda bahwa ia sedang melihat makhluk gaib yang lewat disekitarnya.

Posting Komentar untuk "Perkutut Manggung Malam Hari, Ini Maknanya"