Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Kencur Untuk Perkutut yang Harus Anda Ketahui

10 Manfaat Kencur Untuk Perkutut yang Harus Anda Ketahui - Burung perkutut adalah salah satu burung yang kini menjadi hobi banyak orang. Tak hanya orang tua, kalangan muda juga mulai menyukai burung perkutut. Jika Anda termasuk salah satu penggemar burung perkutut, maka ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa tips memelihara perkutut yang akan kami bagikan di perkututpedia.com.

 

Manfaat Kencur Untuk Perkutut
Manfaat Kencur Untuk Perkutut

Memelihara perkutut agar perkutut sehat dan memiliki performa menawan tentu diperlukan banyak asupan nutrisi yang bagus. Nutrisi perkutut bisa Anda dapatkan baik secara alami maupun dari pabrikan. Salah satu bahan alami yang bagus untuk perkutut Anda adalah kencur. Ada banyak sekali manfaat kencur untuk perkutut yang bisa Anda peroleh. Seperti halnya manfaat terasi untuk perkutut, kencur ini juga bagus sekali untuk perkutut. Apa saja manfaat kencur untuk perkutut, simak selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Kencur Untuk Perkutut

1. Menghilangkan Radang Tenggorokan Perkutut

Salah satu manfaat kencur untuk perkutut adalah bisa menghilangkan radang tenggorokan pada perkutut. Ketika terlihat perkutut bergejala radang tenggorokan, maka Anda bisa memberikan kencur sebagai obatnya. Karena di dalam kencur memiliki kandungan minyak atsiri yang bida mengatasi infeksi. Cara memberikan kencur pada perkutut cukup mudah. Yaitu dengan membuat kencur menjadi bulatan kecil sebesar kacang hijau lalu lolohkan pada perkutut 2-3 butir. Atau bisa juga dengan mencampur kencur ke dalam air minumnya.

2. Menghilangkan Lendir Pada Tenggorokan Perkutut

Biasanya yang sering membuat perkutut jarang manggung adalah adanya gangguan pada tenggorokan perkutut. Nah gangguan ini bisa berupa adanya lendir pada tenggorokan perkutut. Jika perkutut Anda mengalami hal demikian, maka Anda bisa memanfaatkan kencur untuk menghilangkan lendir tersebut. Kencur yang termasuk salah satu rempah-rempah, akan sangat bagus untuk menghilangkan lendir pada tenggorokan perkutut. Sehingga ketika lendir sudah hilang maka suara akan bisa kembali jernih dan bersih.

3. Mengatasi Suara Perkutut Serak

Suara perkutut yang serak bisa disebabkan oleh adanya radang pada tenggorokan perkutut atau lendir. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan kencur sebagai obatnya. Baik perkutut jantan maupun perkutut betina, Anda bisa memberikan kencur untuk menghilangkan seraknya. Cara memberikan kencur pada perkutut cukup mudah. Yaitu dengan membuat kencur menjadi bulatan kecil sebesar kacang hijau lalu lolohkan pada perkutut 2-3 butir. Atau bisa juga dengan mencampur kencur ke dalam air minumnya.

4. Menguatkan Pernafasan Perkutut

Manfaat kencur untuk perkutut selanjutnya adalah bisa memperindah suara perkutut dengan menguatkan pernafasannya. Kencur bisa membuat nafas perkutut menjadi lebih kuat dan panjang. Untuk perkutut lomba, pemberian ramuan kencur secara rutin dan teratur akan sangat bagus dan berpengaruh terhadap suara perkutut. Bisa Anda coba dengan memberikan kencur pada perkutut seminggu sekali lalu perhatikan apa yang terjadi.

5. Bisa Menguatkan Pita Suara Perkutut

Manfaat kencur untuk perkutut lainnya adalah bisa untuk menguatkan pita suara. Selain bisa menguatkan pita suara, kencur bagus juga untuk melebarkan rongga tenggorokan. Sehingga ketika pita suara kuat, maka perkutut akan manggung lebih kuat dan lebih lantang. Dan tentu akan bisa menghasilkan suara yang lebih nyaring dan keras.

6. Menjaga Kesehatan Burung Perkutut

Manfaat kencur untuk perkutut lainnya adalah bisa untuk menjaga kesehatan perkutut. Apalagi musim yang begitu ekstrim beralih ini, menuntut pemberian nutrisi sebagai asupan makanan tambahan untuk menjaga kesehatan perkutut. Salah satu yang sangat bagus untuk diberikan adalah kencur. Pemberian kencur secara rutin dan teratur akan bisa meningkatkan sistem kekebalan pada burung perkutut Anda. Sehingga ketika kekebalan perkutut meningkat, maka perkutut akan terhindar dari terkena penyakit.

7. Bisa Menghaluskan Bulu Kulit

Manfaat kencur selanjutnya adalah bisa membuat bulu perkutut menjadi lebih halus. Dengan kandungan zat kesehatan yang tinggi, maka kencur akan sangat bagus untuk memperindah bulu pada burung perkutut. Anda perlu memberikan kencur untuk perkutut secara berkala agar bisa memperhalus bulu perkutut itu sendiri. Dengan demikian bukan saja katuranggan perkutut atau suara perkutut yang membuat perkutut menjadi lebih menarik, namun penampilan perkutut juga lebih menarik.

8. Mengatasi Perkutut Cacingan

Manfaat kencur untuk perkutut selanjutnya adalah kencur bisa untuk membasmi perkutut cacingan. Cara memberikan kencur pada perkutut cukup mudah. Yaitu dengan membuat kencur menjadi bulatan kecil sebesar kacang hijau lalu lolohkan pada perkutut 2-3 butir. Atau bisa juga dengan mencampur kencur ke dalam air minumnya.

9. Untuk Bahan Alami Jamu Perkutut

Kencur sangat bagus untuk jamu alami perkutut. Kencur juga bisa membuat perkutut menjadi lebih gacor dan rajin manggung. Konsumsi kencur secara rutin dan teratur akan bisa meningkatkan kerajinan manggung pada perkutut Anda. Cara memberikan kencur pada perkutut cukup mudah. Yaitu dengan membuat kencur menjadi bulatan kecil sebesar kacang hijau lalu lolohkan pada perkutut 2-3 butir. Atau bisa juga dengan mencampur kencur ke dalam air minumnya.

10. Meningkatkan Birahi Perkutut

Untuk para peternak perkutut, kencur juga sangat bagus untuk meningkatkan birahi perkutut. Birahi perkutut jantan sangat diperlukan untuk menunjang peternakan perkutut. Ciri perkutut jantan yang sedang birahi adalah perkutut tersebut akan selalu mengejar atau menempel perkutut betina. Namun jika perkutut jantan terkesan malas-malasan dan tidak mau mendekati perkutut betina, maka kondisi ini perlu pemberian suplemen pada perkutut jantan Anda.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Kencur Untuk Perkutut yang Harus Anda Ketahui"