Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aura Mistis Perkutut Punden Beryoni di Makam Keramat

Ciri - Ciri Perkutut Punden Beryoni dan Tuahnya - Bagi penggemar perkutut katuranggan, istilah perkutut punden beryoni tentu bukan istilah yang asing. Perkutut punden adalah perkutut yang hidup di area pemakaman keramat atau petilasan keramat.

 

Ciri - Ciri Perkutut Punden Beryoni
Ciri - Ciri Perkutut Punden Beryoni

Perkutut punden yang hidup di makam keramat seperti ini biasnya dianggap memiliki yoni dan memiliki daya magis yang tinggi. Namun demikian tidak selalu perkutut yang tinggal di makam keramat lantas bisa disebut dengan perkutut punden beryoni.

Karena yoni pada perkutut punden ini lah kemudian banyak orang ingin memeliharanya. Padahal jika benar perkutut tersebut memiliki yoni, belum tentu perkutut tersebut berjodoh, selain itu belum tentu juga perkutut tersebut bisa membawa dampak positif bagi pemeliharanya. Perkutut punden ini biasanya dianggap memiliki khodam sehingga kadang-kadang orang juga menyebutnya sebagai perkutut berkhodam.

Lalu apa sebenarnya perkutut punden beryoni itu, apakah penjelmaan dari jin, setan, atau yang lainnya. Menurut beberapa ahli, perkutut punden beryoni itu ada beberapa versi penjelasan seperti di bawah ini :

1. Perkutut Punden Adalah Perkutut Peliharaan Makhluk Halus

Yang paling populer adalah bahwa perkutut punden itu adalah perkutut peliharaan makhluk halus. Tidak semua orang atau tukang pikat bisa mendapatkan perkutut seperti ini. Bahkan terkadang memerlukan ritual khusus untuk mendapatkan perkutut ini.

Perkutut seperti ini biasanya memiliki yoni dan tuah yang cukup tinggi. Sehingga tidak mudah juga untuk bisa memelihara perkutut jenis ini. Kadang jika sudah ditangkap dan di pelihara di rumah, jika tidak berjodoh akan ada hal-hal gaib yang terjadi. Bisa jadi perkutut ini diikuti oleh gaib, bisa juga perkutut berubah jadi ular dan hal gaib lainnya.

2. Perkutut Punden Adalah Perkutut Peliharaan Orang Linuwih

Ada lagi yang menyebutkan bahwa perkutut punden adalah perkutut peliharaan dari orang linuwih. Orang linuwih ini bisa tokoh pembabat satu daerah, raja atau orang-orang khusus lainnya. Biasnya orang-orang yang memiliki kemampuan lebih atau linuwih memiliki peliharaan kesayangan dan ketika sudah mati, peliharaan ini akan tetap setia dan menunggu tempat tertentu. Bisa di makam, atau petilasan atau tempat yang dianggap angker dan wingit.

Perkutut seperti ini adalah perkutut spesial yang sangat jarang sekali bisa didapatkan di saat sekarang ini. Perkutut ini juga banyak sekali diburu untuk dipelihara karena dianggap memiliki daya magis yang cukup tinggi dan kuat.

3. Burung Perkutut Punden Adalah Perwujudan Pusaka

Ada lagi yang menafsirkan bahwa perkutut punden adalah perkutut penjelmaan atau perwujudan dari pusaka-pusaka keramat jaman dulu. Pusaka seperti tombak, keris, mustika atau lainnya di masa lalu memang menjadi barang keramat saat ini. Dan, ada yang menyebut bahwa pusaka-pusaka jaman dulu yang hilang, di masa sekarang bisa berubah wujud salah satunya menjadi perkutut.

Karena merupakan perwujudan dari pusaka, maka tidak boleh sembarang orang memeliharanya. Atau jika ingin memeliharanya sebaiknya berkonsultasi dulu pada para ahli yang sudah senior. Biasanya akan disuruh mlakukan ritual berupa tirakat puasa atau lainnya. Intinya lebih baik berkonsltasi terlebih dahulu untuk menghidari hal-hal yang tidak baik.

Ciri - Ciri Perkutut Punden Beryoni

Ada beberapa karakteristik tertentu untuk sedikit membantu mengenali perkutut punden beryoni. Ada perilaku tertentu yang spesial, apa saja itu, simak di bawah ini :

1. Suka Tempat Sunyi Sepi Seperti Makam Keramat Atau Tempat Wingit

Perkutut ini sangat menyukai tempat yang sunyi sepi dan tenang. Biasanya di makam keramat, tempat wingit atau tempat lain yang sepi. Sepertinya habitat mereka di tempat-tempat tersebut. Namun demikian tidak serta merta juga bahwa perkutut yang tinggal di tempat tersebut lantas disebut perkutut punden beryoni. Orang-orang tertentu yang memiliki kelebihan yang bisa mengenalinya.

2. Perkutut Punden Suka Hidup Menyendiri

Ciri utama yang sering dijumpai dari perkutut punden adalah gaya hidupnya selalu hidup sendiri. Baik di area pemakaman keramat maupun tempat yang wingit, pada umumnya mereka selalu hidup sendiri. Hal ini bisa dikarenakan dari aura perkutut punden yang cukup besar sehingga perkutut lain tidak kuat bersanding dengan perkutut punden.

3. Suara Kecil Jarang Bunyi/ Manggung

Perkutut punden untuk urusan suara biasanya tidak sebesar atau sengebas perkutut lainnya. Suaranya cenderung kecil dan sangat jarang sekali manggung. Namun meski jarang manggung, perkutut punden sering dan biasa mbekur. Jarang manggung ketika perkutut punden sekali manggung maka perkutut lain biasanya akan diam seperti terpesona atau bisa jadi merasa minder dengan auranya.

4. Jinak dan Mudah Mendoro

Perkutut punden juga termasuk perkutut yang mudah jinak karena kebanyakan ketika sudah ditangkap perkutut ini cenderung diam. Selain mudah jinak (baca : Cara Menjinakkan Perkutut) perkutut ini juga sangat mudah mendoro pada tuannya. Ia seakan cepat mengenal dan beradaptasi dengan pemiliknya. Dengan catatan tentunya si pemilik memang berjodoh dengan perkutut punden.

Perkutut punden ini sangat sulit ditangkap. Jika hanya ditangkap dengan alat pikat dan jaring akan sangat sulit sekali. Biasanya hanya orang-orang yang memiliki kemampuan khusus untuk menangkap burung tersebut.

Perkutut seperti ini biasanya pilih-pilih kepada pemeliharanya. Jika berjodoh, burung perkutut ini akan datang sendiri kepada calon pemeliharanya. Yang sering terjadi, perkutut ini akan memberikan pertanda atau isyarat terlebih dahulu kepada orang yang ia pilih. Isyarat yang sering biasanya melalui mimpi atau pertanda lain yang menunjukkan perkutut ingin ikut dengan si pemelihara.

Jangan Memelihara Perkutut Punden

Jika Anda masih pemula, sebaiknya tidak usah berharap memelihara perkutut punden meskipun memiliki tuah yang tinggi. Atau meskipun sudah cukup lama di dunia perkutut, orang tua kita banyak yang menyarankan untuk tidak usah memlihara perkutut jenis ini.

Karena perkutut seperti ini biasanya akan meminta sesuatu sebagai tebusan. Permintaan tersebut bisa mudah bisa juga sangat sulit untuk dipenuhi. Karena biasanya berada di tempat wingit, jin penunggu biasanya meminta sesuatu. Bisa minta sesaji, ritual, atau bahkan tumbal. Di sinilah, sebaiknya tidak usah memelihara perkutut punden beryoni.

Baca juga : Perkutut Tidak Baik Dipelihara Menurut Mitos

Lalu bagaimana kalau berjodoh dengan perkutut ini, atau perkutut ini datang sendiri kepada kita. Kalau perkutut itu datang sendiri dan Anda mendapatkan isyarat bahwa perkutut itu ingin Anda pelihara, saran saya tetap jangan dipelihara.

Kenapa, karena perkutut tersebut biasanya juga diikuti jin atau gaib tertentu. Nah, kakek saya pernah berpesan jangan pernah mau diikuti oleh bangsa jin dan sejenisnya. Karena efeknya mungkin untuk saat ini Anda kuat dan bangsa jin tidak meminta pada Anda. Namun bisa jadi anak Anda, cucu Anda tidak kuat dan golongan jin bisa memanfaatkan ini.

Maka dari itu, sebaiknya meski kita percaya padahal-hal gaib kita harus tetap percaya pada kekuatan Allah SWT sebagai sang pencipta semesta dan seisinya.

Posting Komentar untuk "Aura Mistis Perkutut Punden Beryoni di Makam Keramat"