Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Burung Perkutut Stres Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-Ciri Burung Perkutut Stres Yang Perlu Anda Ketahui - Memelihara burung perkutut memerlukan pengetahuan yang cukup. Karena cara merawat burung perkutut sedikit berbeda dengan merawat burung kicau lainnya. Jika Anda masih pemula dalam merawat perkutut, maka ada baiknya jika mulai banyak mencari informasi mengenai bagaimana cara merawat perkutut yang baik dan benar.


ciri perkutut stres
Ciri Perkutut Stres

Salah satu yang paling utama dalam merawat burung perkutut adalah bagaimana cara menjaga kesehatan perkutut Anda. Nah, untuk menjaga kesehatan perkutut ini tentu bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya yaitu menjaga agar burung perkutut tidak stres. Sebelum mengulas lebih dalam mengenai bagaimana cara menjaga agar burung perkutut tidak stres, terlebih dulu akan kami sampaikan ciri-ciri burung perkutut stres agar Anda lebih waspada dan aware terhadap perkutut Anda, simak di bawah ini.

Ciri-Ciri Burung Perkutut Stres

1. Perkutut Nampak Seperti Ketakutan

Ciri burung perkutut stres yang pertama bisa dilihat dari perilaku perkutut itu sendiri. Jika burung perkutut nampak tidak tenang, gelisah dan ketakutan, maka itu adalah indikasi kuat perkutut Anda sedang mengalami stres. Kegelisahan perkutut ini bisa Anda lihat dari bagaimana perkutut tidak bisa diam, mondar-mandir terus tanpa mau berhenti.

2. Nafsu Makan Perkutut Berkurang

Ciri selanjutnya adalah dilihat dari pola makannya. Jika makan perkutut biasanya cukup banyak namun kemudian ada perubahan menjadi sangat sedikit atau bahkan sama sekali tidak makan, maka itu juga indikasi bahwa perkutut Anda sedang stres. Nafsu makan perkutut yang berkurang ini bisa jadi merupakan akibat dari perkutut yang sedang stres.

3. Bulu Kepala Nampak Mengembang

Perubahan fisik yang bisa di lihat dari perkutut yang stres adalah pada bulu kepala perkutut. Banyak para kung mania senior yang menjelaskan bahwa bulu perkutut pada kepala yang nampak mengembang merupakan salah satu ciri perkutut sedang stres. Bisa jadi ini dikarenakan tingkat stres burung tersebut cukup tinggi.

4. Burung Tidak Tenang (Naik Turun Tenggeran)

Perkutut gelisah dan tidak tenang. Naik turun tenggeran menandakan bahwa perkutut Anda tidak tenang. Nah, ini juga bisa menjadi pertanda bahwa perkutut Anda sedang stres. Perlu ada tindakan yang benar untuk mengatasi perkutut stres.

Baca juga : Jenis Burung Perkutut dan Gambarnya Lengkap dengan Katuranggannya

5. Tidak Pernah Manggung

Jika perkutut Anda jarang manggung atau bahkan sama sekali tidak pernah manggung, Anda patut curiga. Karena bisa jadi perkutut Anda sedang mengalami stres. Karena bagaimanapun juga, normalnya seekor perkutut apalagi jika sudah dewasa adalah manggung meski mungkin jarang. Jangan biarkan kondisi seperti ini (tidak manggung), Anda harus bisa menemukan penyebab mengapa burung perkutut tidak pernah manggung.

Ciri lain biasanya meski burung perkutut manggung namun suara perkutut tidak jernih. Jika memang suara perkutut tidak jernih, Anda bisa melakukan tritmen khusus dulu, baca Cara Menjernihkan Suara Perkutut. Karena bisa jadi suara perkutut yang tidak jernih ini atau suara perkutut serak dikarenakan perkutut tidak sehat karena stres tadi.

Jika Anda sudah mengetahui ciri perkutut stres, maka selanjutnya adalah Anda harus faham bagaimana cara mengatasi perkutut stres. Karena kalau tidak segera diatasi, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan burung perkutut itu sendiri. Atau bagus juga jika Anda mendalami terlebih dahulu apa penyebab perkutut stres agar bisa menghindari nya sedini mungkin.

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Burung Perkutut Stres Yang Perlu Anda Ketahui"