Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Burung Perkutut Stres Yang Perlu Anda Waspadai

Penyebab Burung Perkutut Stres Yang Perlu Anda Waspadai - Burung perkutut adalah burung klangenan atau kesukaan bagi para penggemarnya. Jika Anda termasuk penggemar perkutut atau kung mania yang masih baru, maka bagaimana cara merawat perkutut yang baik dan benar tentu perlu Anda ketahui. Terutama bagaimana cara menjaga kesehatan perkutut, karena itu akan sangat perlu untuk Anda lakukan.


Penyebab Perkutut Stres
Penyebab Perkutut Stres


Salah satu cara menjaga kesehatan perkutut yang penting adalah bagaimana menjaga agar perkutut Anda tidak stres. Karena stres ini bisa jadi menjadi biang utama menurunnya kesehatan perkutut. Belum tahu ciri - ciri perkutut stres, baca di Tanda-tanda Burung Perkutut Stres.

Nah, stres pada perkutut ini ada banyak penyebabnya. Kadang hanya hal yang remeh bisa membuat perkutut Anda menjadi stres. Di bawah ini perkututpedia.com sampaikan beberapa penyebab burung perkutut Anda stres, silahkan disimak.

Penyebab Burung Perkutut Stres

1. Kondisi Kandang / Sangkar

Ini mungkin sudah terbiasa bagi yang sudah berpengalaman dalam memelihara burung perkutut. Namun demikian, untuk yang masih pemula mungkin tetap perlu diingatkan. Kebersihan kandang atau sangkar tetap perlu diperhatikan. Karena ini juga bisa membuat burung perkutut mudah stres. Apalagi jika kondisi sangkar sangat kotor, kotoran sama sekali tidak dibersihkan, ini sangat menyedihkan.

2. Keadaan Pakan dan Minum

Ini juga perlu Anda perhatikan dengan serius. Air minum yang kotor akan sangat buruk untuk kesehatan burung perkutut Anda. Selain itu, selalu telat dalam memberikan pakan atau minum perkutut juga akan membuat perkutut tidak nyaman yang pada akhirnya akan membuat perkutut Anda stres.

Yang perlu diperhatikan ekstra lagi adalah jika Anda memelihara perkutut katuranggan. Karena ada jenis perkutut katuranggan yang perilakunya suka bertenger di tempat pakan. Nah, ini perlu pengecekan tempat pakan setiap hari untuk menjaga kebersihannya. Untuk ciri dan atau perilaku perkutut katuranggan selengkapnya bisa Anda baca pada Ciri Perkutut Katuranggan.

3. Suara Di Sekitar

Ini juga perlu Anda perhatikan. Suara yang terlalu gaduh dan bising juga sangat besar potensi nya membuat perkutut menjadi stres. Suara dengan frekuensi tertentu biasanya akan sangat mengganggu kenyamanan perkutut. Ini bisa Anda coba atau Anda tes sendiri untuk mengukur seberapa terganggu burung perkutut Anda. Taruh perkutut Anda pada tempat tertentu yang ada suara2 bising. Jika perkutut takut, tidak tenang, gelisah, maka pindahkan atau segera cari tempat yang lain di mana perkutut Anda merasa nyaman.

4. Keadaan Visual Di Sekitar

Selain suara, visualisasi lingkungan juga kerap menjadi penyebab perkutut stres. Keadaan terlalu ramai orang lalu lalang bisa membuat perkutut takut. Namun juga tidak semuanya, ada beberapa perkutut yang sudah biasa dia tidak takut dengan lalu lalang orang.

Selain lalu lalang orang, kadang keramaian dari hewan piaraan juga bisa membuat perkutut tidak nyaman. Anjing misalnya, hewan ini juga bisa menjadi potenti penyebab burung perkutut menjadi stres.

Baca juga : Cara Menggantang Perkutut Yang Benar

5. Cara Memegang Perkutut

Cara memegang perkutut ini jua perlu Anda perhatikan. Jika Anda memegang perkutut terlalu kasar dan grusa grusu, maka akan membuat perkutut Anda takut yang tentunya akan menjadi stres. Segsit apapun perkutu Anda, usahkan tetap tenang, jangan buru dan tetap sabar.

Burung perkutut gesit bisa jadi karena belum kenal dengan Anda. Pelan-pelan saja, jika sekaran masih terlalu gesit, biarkan saja dulu jangan dipaksakan. Tunggu beberapa hari baru dicoba lagi. Dengan memberi makan setiap hari, maka semakin lama perkutut Anda akan semakin kenal dengan Anda dan tentunya juga tidak takut dengan Anda.

Posting Komentar untuk "Penyebab Burung Perkutut Stres Yang Perlu Anda Waspadai"