Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Sangkar Perkutut yang Benar Agar Perkutut Nyaman

Cara Membersihkan Sangkar Perkutut yang Benar Agar Perkutut Nyaman – Memelihara burung perkutut bukanlah perkara gampang. Jika Anda memutuskan untuk memelihara perkutut, maka sedikit banyak tentunya Anda juga harus mengerti bagaimana cara merawat perkutut yang baik dan benar. Karena burung perkutut ini berbeda dengan burung kicauan, jenis burung anggungan ini tentu memiliki perlakuan yang berbeda dalam merawatnya. Ada beberapa hal krusial dalam merawat burung perkutut yang perlu Anda perhatikan dengan seksama.

Cara Membersihkan Sangkar Perkutut
Cara Membersihkan Sangkar Perkutut


Salah satu yang paling utama dalam perawatan perkutut adalah kesehatan. Nah, kesehatan perkutut ini tergantung salah satunya adalah dengan kebersihan sangkar perkutut. Anda harus rajin membersihkan sangkar perkutut agar perkutut tidak mudah stres. Dalam membersihkan sangkar perkutut, Anda harus jeli dan teliti. Tidak bisa Anda sekedar membersihkannya begitu saja, ada beberapa prioritas yang perlu Anda perhatikan. Karena biasanya para pemelihara burung ini membersihkan sangkar hanya dibersihkan kotorannya saja, padahal itu kurang.

Ada beberapa poin penting yang menuntut Anda untuk lebih jeli lagi dalam membersihkan sangkar perkutut. DI bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membersihkan sangkat perkutut.

Hal Hal yang Perlu Dibersihkan dari Sangkar Perkutut

1. Keberadaan Jamur

Keberadaan jamur ini sering kali terabaikan ketika kita membersihkan sangkar burung perkutut. Makanya keberadaan jamur ini kami taruh pada nmor satu. Tentu agar menjadi perhatian bagi para pemelihara perkutut. Jamur di sangkar perkutut ini bisa berada di mana saja. Dan, ketika jamur sudah sangat parah maka akan bisa menimbulkan bau dan itu bisa sangat mengganggu kenyamanan perkutut Anda. Dan bahkan bisa menjadi salah satu penyebab perkutut stres.

Cara Membersihkan :

Cukup mudah sebenarnya untuk membersihkan jamur ini, asal jamur tidak terlalu lama berada di sangkar. Anda bisa menggunakan bahan alami untuk membersihkan jamur ini. Bahan alami yang bisa digunakan adalah kemiri. Caranya adalah bakar kemiri tersebut sampai menghasilkan minyak, kalau sudah keluar minyak, gunakan minyak tersebut untuk menggosok sangkar yang berjamur menggunakan kain.

2. Keberadaan Kotoran

Kotoran tentu menjadi hal utama yang sangat perlu dibersihkan. Jangan sampai terlalu lama kotoran di sangkar ini tidak dibersihkan, karena akan menjadi keras dan sangat sulit dbersihkan dengan air. Anda bisa membersihkannya dengan sikat dan air, cukup mudah. Kalau sekiranya sulit, Anda juga bisa menggunakan sabun cuci untuk membersihkan kotoran burung ini.

Yang perlu diingat adalah ketika Anda menggunakan benda keras dalam membersihkan kotoran, jangan sampai terlalu keras sehingga bisa merusak sangkar perkutut itu sendiri. Setelah itu jangan lupa dikeringkan juga.

3. Jangan Lupa Tempat Makan dan Minum

Nah, ini juga sangat penting sekali. Jangan sampai terlewatkan untuk membersihkannya, karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan perkutut. Jika tempat makan dan minum kotor, maka tentu saja sangat potensi menimbulkan penyakit, entah membuat perkutut cacingan, perkutut serak dan lain lain. Karena tempat makan dan minum ini rawan tercampur dengan kotoran perkutut itu sendiri.

Nah, bersihkan tempat tersebut dengan baik. Gunakan sabun pencuci jika perlu, dan ketika sudah selesai, Anda bisa juga membilasnya dengan air hangat agar lebih steril dan menyehatkan perkutut. Setelah itu keringkan beberapa saat, jangan langsung diisi dengan makanan perkutut.

4. Karatan Pada Sangkar

Jika sangkar perkutut terbuat dari bahan besi atau metal, maka Anda perlu mengecek karatan nya juga. Karatan pada sangkar juga sangat berbahaya untuk perkutut, maka dari itu perlu setiap waktu untuk diteliti agar bisa segera dibersihkan jika ada karatan. Anda bisa menggunakan amplas untuk membersihkan karatan pada sangkar perkutut. Atau jika tidak, Anda bisa menggunakan asam sitrat untuk membersihkan karat pada sangkar. Caranya cukup sederhana yaitu taburkan asam sitrat pada bagian yang berkarat, lalu bersihkan.

5. Sangkar Perlu Dijemur

Bukan saja perkutut yang perlu dijemur, kandangnya sesekali juga perlu dijemur. Jika menjemur perkutut rutin Anda lakukan, maka menjemur sangkar ini juga diperlukan dilakukan secara rutin. Waktu yang paling enak menurut saya adalah ketika perkutut dimandikan. Ketika perkutut dimandikan taruhlah sangkar di tempat yang terkena sinar matahari untuk beberapa saat. Itu sangat efektif dan bisa membuat sangkar perkutut lebih awet dan tentunya perkutut menjadi nyaman.

6. Buat Jadwal Perawatan Sangkar

Untuk membersihkan sangkar perkutut tentu sangat bagus dilakukan secara rutin, apalagi untuk membersihkan kotorannya, itu sangat bagus setiap hari dilakukan. Untuk membersihkan sangkar perkutut keseluruhan, ada baiknya jika dijadwalkan. Apakah sebulan sekali, dua bulan sekali, atau bagaimana enaknya saja. Karena itu juga termasuk perawatan yang penting untuk menunjang kenyamanan penghuninya. Jangan sampai karena masalah sepele lantas membuat perkutut Anda tidak nyaman dan stres, itu sangat merugikan sekali.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Sangkar Perkutut yang Benar Agar Perkutut Nyaman"